Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Negara Bumi Ilir

Hikmah, Sopiatul (2025) Pengaruh Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV SD Negeri 2 Negara Bumi Ilir. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Sopiatul Hikmah.pdf] PDF
Sopiatul Hikmah.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya permasalahan hasil belajar yang rendah pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). Hasil belajar yang rendah tersebut dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya penggunaan metode pembelajaran yang belum maksimal dalam meningkatkan hasil belajar IPAS di kelas IV SD Negeri 2 Negara Bumi Ilir. Kondisi ini mengakibatkan peserta didik kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar sehingga hasil belajar IPAS menjadi rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran eksperimen terhadap hasil belajar IPAS kelas IV di SD Negei 2 Negara Bumi Ilir.

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental desain one group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 2 Negara Bumi Ilir. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalahsampling jenuh. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 22peserta didik. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes pilihan ganda kemudian dianalisis dengan non-parametrik, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan dapat menunjukan bahwa metode ekperimen berpenharuh terhadap hasil belajar belajar IPAS kelas IV SD Negeri 2 Negara Bumi Ilir. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yangdilakukan menggunakan uji non parametrik dengan taraf signifikan 0,000 < 0,05. Selain itu pengaruh metode ekpserimen ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pretest = 52,27 dan nilai rata-rata postest = 75,45. Dengan demikian metode eksperimen ini berkontribusi dalam meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas IV di SD Negeri 2 Negara Bumi Ilir.

Kata kunci: Metode Eksperimen, Hasil Belajar IPAS.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 07 May 2025 07:46
Last Modified: 07 May 2025 07:46
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11043

Actions (login required)

View Item View Item