Rara, Rara (2025) Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Papan dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila di SD N 6 Bandar Jaya Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Rara.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di kelas IV SD N 6 Bandar Jaya, diketahui bahwa 40% hasil belajar peserta didik belum tuntas berdasarkan nilai ulangan harian Pendidikan Pancasila. Hal tersebut terjadi karena peserta didik masih banyak yang asyik mengobrol dengan teman sebayanya. Kemudian peneliti melihat ketika pendidik memberikan tugas kelompok, ada beberapa kelompok tidak bekerja sama dengan baik. Ada peserta didik yang cenderung mendominasi, sementara yang lain tidak diajak berdiskusi saat mengerjakan tugas kelompok yang diberikan pendidik dan nilai yangdiperoleh peserta didik tidak mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP).
Berdasarkan permasalahan tersebut, dapat ditarik Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV di SD N 6 Bandar Jaya Timur?”. Kemudian Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV SD N 6 Bandar Jaya Timur.
Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Adapun Teknik pengumpulan data menggunakkan observasi,tes dan dokumentasi Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, untuk mengetahui hasil belajar peserta
didik.
Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa melalui modelpembelajaran Team Games Tournament (TGT) hasil belajar peserta didik mengalami peningkatan dari siklus I dan II. Hasil pos-test siklus I ketuntasan yang diperoleh sebesar 60% dan siklus II sebanyak 85%. Jadi dalam hal tersebut terjadipeningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II sebesar 25%. Maka dalam hal ini peneliti telah mencapai indikator keberhasilan dengan nilai ≥70 diakhir siklus. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa melalui penerapan model pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada pembelajarn Pendidikan Pancasila kelas IV SD N 6 Bandar
Jaya Timur.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Model Pembelajaran Team Games Tournament
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:44 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:44 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11046 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |