Wahyuni, Nia (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas IV di MIN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Nia Wahyuni.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran pendidikan pancasila. Peserta didik banyak yang kurangkonsentrasi saat pembelajaran berlangsung, sering merasa bosan, mengantuk, mencari alasan untuk keluar kelas agar tidak mengikuti pembelajara dan kurang optimalnya respon peserta didik pada saat proses pembelajaran. Hal inimenyebabkan guru kesulitan menyampaikan materi pembelajaran kepada peserta didik karena kurang efektif.
Jenis penelitian ini menggunakan metode eksperimen jenis quasi experimental yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV di MIN 1 Lampung Timur. Subjek dalam penelitian ini adalah kelas IV B sebagai kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe make a match sedangkan kelas IV C sebagai kelas kontrol menggunakan model konvensional. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yakni uji normalitas, uji hipotesis (mann whitney) dan uji N-Gain.
Berdasarkan hasil penenlitian yang sudah dianalisis diperoleh kesimpulan yaitu ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar pseserta didik mata pelajaran pendidikan pancasila materi hak dan kewajiban. Hal tersebut dapat diketahui dari hasil uji Mann Whitney yang memperoleh nilai signifikansi sebesar = (<0.001) dan α 0.05. Hasil tersebut sejalan dengan kriteria yang menyatakan bahwa jika nilai signifikansi sebesar = (<0.001) < 0,05 maka H0 ditolak dan H1 diterima yang artinya ada pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe make a match terhadap hasil belajar peserta didik kelas IV baik pada kelas eksperimen maupun pada kelas kontrol. Kemudian penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe make a match dalam pembelajaran pendidikan pancasila terjadi peningkatan hal tersebut dibuktikan dengan nilai uji N-Gain sebesar 0.403 yang memiliki arti terjadi peningkatan hasil belajar pendidikan pancasila pada kelas eksperimen setalah diberikan treatment atau perlakuan.
Kata Kunci: Model Make A Match, Hasil Belajar, Pendidikan Pancasila
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:41 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:41 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11047 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |