Mustika, Maya (2025) Peranan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembentuk Karakter Islami Siswa di SD NU Darul Ulum Braja Sakti Way Jepara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Maya Mustika.pdf Download (5MB) |
Abstract
Paran guru khususnya guru pendidikan agama Islam memiliki peran dalam pembentukan karakter Islami siswa. Dalam hal ini terdapat beberapa pendekatan yang dilakukan oleh guru pendidikan agama Islam dalam membentuk karakter Islami siswa, yaitu: melalui pendekatan kebiasaan, pendekatan keteladanan, pendekatan fungsional, dan pendekatan nasihat.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peranan guru pendidikan agama Islam dalam pembentuk karakter Islami siswa di SD NU Darul Ulum Braja Sakti Way Jepara. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif lapangan yang bersifat deskriptif dan teknik pengumpul data dalam penelitian ini menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam peneilitian ini yaitu guru pendidikan agama Islam di SD NU Darul Ulum Braja Sakti Way Jepara, dan sumber data sekunder yaitu ketua kelas III, dua siswa kelas III danwali kelas III di sekolah tersebut. Observasi dilakukan untuk mengamati Peranguru pendidikan agama islam dalam pembentukan karakter Islami siswa dan dokumentasi dalam penelitian ini adalah data tentang profil sekolah, data guru, siswa dan lain-lain. Teknik analisis data dengan model Miles & Huberman.
Berdasarkan hasil penelitian ini, guru telah berperan dalam pembentuk karakter Islami siswa, yaitu melalui beberapa pendekatan, antar lain pendekatan pembiasaan, pendekatan tersebut berupa pembiasaan sholat duha, muroja’ah Al-qur’an, membaca doa sebelum memulai pelajaran, membiasakan siswa memiliki karakter jujur, penerapan program 5S dan sholat zuhur berjamaah. Pendekatan keteladanan, pendekatan tersebut berupa pemberian contoh kepada siswa baik ucapan, kepribadian, maupun perilaku guru. Pendekatan fungsional, dilakukan dengan cara mengaitkan materi pelajaran agama dengan kehidupan nyata yang sering dilakukan oleh siswa serta memberikan pemahaman tentang manfaat yangakan dipetik dari materi yang telah disampaikan. Pendekatan nasihat, yaitu melalui pemberian arahan, motivasi dan teguran serta nasihat kepada siswa.
Kata Kunci: Peran Guru Pendidikan Agama Islam, Karakter Islami
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 14 May 2025 02:45 |
Last Modified: | 14 May 2025 02:45 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11048 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |