Rahmasari, Vela (2025) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Vela Rahmasari.pdf Download (6MB) |
Abstract
Ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan kehidupan alam, sosial dan bermasyarakat. Pendidikan IPAS tidak hanya menekankan pada penguasaan teori dalam pembelajarannya tetapi juga menekankan pada pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SD Negeri 2 Kalibening,yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh masi jauh dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetepkan, yaitu <70. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan, ditemukan masalah dalam proses pembelajaran IPAS yaitu suasana kelas tidak kondusif, kurangnya kemandirian siswa dalam mengemukakan pendapat dan rendahnya rasa percaya diri dalam diri siswa. Pada kegiatan pembelajaran guru belum menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga hal ini menyebabkan ketertarikan siswa untuk belajar IPAS menjadi kurang dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibening? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 2 Kalibening.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibening yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS dengan persentase pada siklus I sebesar 56% dan pada siklus II mencapai 78%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibening.
Kata kunci: Hasil Belajar, IPAS dan Metode Demonstrasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 15 May 2025 03:50 |
Last Modified: | 15 May 2025 03:50 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11050 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |