Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Rahmasari, Vela (2025) Penerapan Metode Demonstrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Vela Rahmasari.pdf] PDF
Vela Rahmasari.pdf

Download (6MB)

Abstract

Ilmu pengetahuan alam dan sosial (IPAS) merupakan mata pelajaran yang berkaitan dengan kehidupan alam, sosial dan bermasyarakat. Pendidikan IPAS tidak hanya menekankan pada penguasaan teori dalam pembelajarannya tetapi juga menekankan pada pengaplikasian dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SD Negeri 2 Kalibening,yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh masi jauh dari Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) yang ditetepkan, yaitu <70. Berdasarkan hasil prasurvey yang dilakukan, ditemukan masalah dalam proses pembelajaran IPAS yaitu suasana kelas tidak kondusif, kurangnya kemandirian siswa dalam mengemukakan pendapat dan rendahnya rasa percaya diri dalam diri siswa. Pada kegiatan pembelajaran guru belum menerapkan model dan metode pembelajaran yang bervariasi, sehingga hal ini menyebabkan ketertarikan siswa untuk belajar IPAS menjadi kurang dan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan metode demonstrasi dalam pembelajaran IPAS dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibening? Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPAS kelas IV SD Negeri 2 Kalibening.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibening yang berjumlah 18 siswa. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.

Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS dengan persentase pada siklus I sebesar 56% dan pada siklus II mencapai 78%. Dari analisis data dapat dipahami bahwa metode Demonstrasi dapat meningkatkan hasil belajarsiswa pada mata pelajaran IPAS siswa kelas IV SD Negeri 2 Kalibening.

Kata kunci: Hasil Belajar, IPAS dan Metode Demonstrasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 15 May 2025 03:50
Last Modified: 15 May 2025 03:50
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11050

Actions (login required)

View Item View Item