Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Metode Everyone is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas II SDN 2 Metro Selatan

Zahira, Afifah (2025) Pengaruh Metode Everyone is a Teacher Here terhadap Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Kelas II SDN 2 Metro Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Afifah Zahira.pdf] PDF
Afifah Zahira.pdf

Download (8MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran hendaknya memilih model yang sesuai dengan mata pelajaran. Everyone Is a Teacher Here merupakan metode pembelajaran yang memungkinkan peserta didik lebih aktif dan dapat menjadi guru atau pembimbing bagi temannya. Selain menjadi lebih aktif peserta didik akan terlatih kemampuan berpikir kritis serta kepercayaan dirinya dalam mengungkapkan pendapat. Berdasarkan hasil prasurvey dengan pendidik pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas II SDN 2 Metro Selatan, bahwa dalam proses belajar mengajar guru ketika menjelaskan materi didominasi ceramah dan tanya jawab, sehingga banyak dari mereka menjadi kurang fokus dan kurang terlibat selama proses pembelajaran berlangsung. Dari data hasil belajar peserta didik masih ada yang belum mencapai KKM yaitu diatas 60. Hanya 31,81% dari keseluruhan peserta didik yang sudah mencapai KKM, sedangkan sisanya 68,18% belum mencapai KKM. Hal inimenunjukkan bahwa hasil belajar Pendidikan Pancasila belum memenuhi target yang ditentukan.

Dari beberapa identifikasi di atas tujuan penelitian yakni untuk mengetahui pengaruh metode Everyone is teacher here terhadap hasil belajar peserta didik pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas II di SDN 2 Metro Selatan? Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif deskriptif dengan tahapan penentuan masalah, pengumpulan data dan analisis data. Dalam pengumpulan data peneliti meggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Sampelyang digunakan peneliti sebanyak 22 peserta didik. Tes yang diberikan peserta didik berupa pre-test dan post-test pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dengan jumlah 10 item soal. Pegujian yang dilakukan yakni uji normalitas, uji wilcoxon, dan uji N-Gain.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan dalam belajar antara hasil pre-test dan post-test. Nilai Asymp. Sig. (2-tailed) adalah 0,000 < 0,05 yang menunjukkan bahwa hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima dan pada pengujian N-Gain menunjukkan hasil bahwa nilai rata-rata keseluruhan N-Gain sebesar 0,44, artinya terdapat peningkatan yang masuk kedalam kategori
sedang. Maka dapat ditarik kesimpulan bahwa metode everyone is a teacher here terbukti efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar pendidikan pancasilakelas II SDN 2 Metro Selatan. Hal ini dibuktikan dari hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t dimana nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dengan harga thitung = 6,518 dan ttabel = 1,691 maka thitung > ttabel maka H0 ditolak dan Ha diterima.

Kata Kunci: Metode, EITH, Pendidikan Pancasila, dan Hasil Belajar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 14 May 2025 02:35
Last Modified: 14 May 2025 02:35
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11053

Actions (login required)

View Item View Item