Azza, Millatul (2025) Penerapan Metode Snowball Throwing dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Kelas IV MIN 1 Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Millatul azza.pdf - Other Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa permasalahan yang terjadi di kelas IV MIN 1 Lampung Timur, diketahui bahwa 77% hasil belajar siswa yang belum tuntas berdasarkan nilai ulangan harian Pendidikan Pancasila. Hal tersebut terjadi karena siswa merasa bosan pada saat pembelajaran, sehingga membuat siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan nilai yang diperoleh siswa tidak mencapai Kriteria Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP). Berdasarkan permasalahan tersebut, penulis berupaya untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila kelas IV yang berjumlah 30 siswa melalui penerapan metode snowball throwing. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dilakukan selama 2 siklus dengan 6 kali pertemuan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Apakah dengan menggunakan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila kelas IV MIN 1 Lampung Timur?”. Adapun tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui penggunaan metode snowball throwing dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MIN 1 Lampung Timur.
Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kuantitatif, untuk mengetahui hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil analisis dari penelitian diketahui bahwa melalui metode snowball throwing hasil belajar siswa mengalami peningkatann dari siklus I ke siklus II. Hasil posttest siklus I ketuntasan yang diperoleh sebesar 36,6% sebanyak 11 siswa yang telah mencapai KKTP. Sedangkan pada siklus II hasil posttest diperoleh ketuntasan sebesar 80% sebanyak 24 siswa yang telah mencapai KKTP. Hasil analisis dapat menunjukkan bahwa adanya peningkatan presentase dari siklus I dengan siklus II yaitu 43%.Hasil penelitian ini telah mencapai indikator keberhasilan sebesar ≥75% diakhir siklus. Berdasarkan hasil tersebut, dapat dinyatakan bahwa melalui penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran Pendidikan Pancasila kelas IV MIN 1 Lampung Timur.
Kata Kunci: Penelitian Tindakan Kelas, Metode snowball throwing, Hasil Belajar.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 20 May 2025 09:33 |
Last Modified: | 20 May 2025 09:33 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11081 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |