Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Guru PAI dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik SMK N 4 Metro

Safitri, Yulinda (2025) Peran Guru PAI dalam Menanggulangi Kenakalan Peserta Didik SMK N 4 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Yulinda Safitri.pdf] PDF
Yulinda Safitri.pdf - Other

Download (8MB)

Abstract

Peran sekolah sangatlah penting dalam membentuk perilaku para peserta didik sekolah berfungsi sebagai fasilitator yang akan mengantar para peserta diidk agar mereka berprestasi dengan iman, ilmu dan amal. Di sekolah peran guru agama sangatlah dibutuhkan dalam membimbing dan mengarahkan para peserta didiknya terutama berkaitan mengenai akhlak. Masa anak-anak merupakan masa yang dimana mencontoh dari berbagai apa yang ia lihat dan rasakan yang mana menimbulkan sikap dan tindakan sering kali dinilai negatif oleh orang lain. Kenakalan yang terjadi di SMK N 4 Metro sangat beragam bentuknya sehingga perlu diadakannya penanggulangan agar tidak menjadi sikap dan tindakan yang negatif. Berdasarkan latar belakang diatas peneliti dapat merumuskan masalah dalam penelitian ini yaitu Bagaimana peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan peserta didik SMK N 4 Metro?

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan peserta didik SMK N 4 Metro. Fokus penelitian ini mengenai hal-hal yang berkaitan dengan peran guru PAI dalam menanggulangi kenakalan peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti yakni wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian juga menggunakan sumber data primer yakni guru PAI dan beberapa siswa, dan menggunakan sumber data sekunder yakni guru bimbingan konseling (BK) dengan triangulasi sumber langkah dalam menganalisis data yaitu reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Setelah melakukan analisis data, maka diperoleh kesimpulan sebagai berikut: pertama, peran guru PAI sudahlah efektif serta turut ikut serta dan aktif dalam penaggulangan kenakalan peserta didik seperti memberikan pendidikan agama, memberikan nasehat di setiap pembelajaran dan di saat khultum pada rutinitas sholat jum’at. Memberikan bimbingan dengan cara mengingat Allah, melakukan renungan, dan membaca Al-Quran dan memberikan motivasi untuk semangat dalam menuntut ilmu dan memperbaiki diri. Kedua, faktor penyebab dan penghambat terjadinya kenakalan peserta didik yaitu faktor keluarga, factor sekolah dan faktor masyarakat. Ketiga, memberikan contoh yang baik kepada peserta didik serta dalam penanganan kenakalan peserta didik harus adanya kerjasama dengan wali murid/orangtua.

Kata kunci: peran guru, kenakalan peserta didik

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 20 May 2025 09:33
Last Modified: 20 May 2025 09:33
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11082

Actions (login required)

View Item View Item