Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Metro TP. 2012/2013

Yulianti, Irma (2013) Pengaruh Kompetensi Profesional Pendidik Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 7 Metro TP. 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of IRMA YULIANTI.pdf] PDF
IRMA YULIANTI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (14MB)

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pendidik merupakan komponen yang paling menentukan dalam sistem pendidikan secara keseluruhan. Pendidik yang berkompetensi akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif, menyenangkan dan akan lebih pandai mengelola kelasnya dengan baik.

Kompetensi profesional pendidik adalah kemampuan penguasaan materi pembelajaran secara luas dan mendalam, yang memungkinkan membimbing peserta didik memenuhi Standar Kompetensi yang ditetapkan dalam Standar Nasional Pendidikan.. Apabila pendidik tidak menguasai kompetensi profesional pendidik maka peserta didik akan mengalami kesulitan menerima dan memahami apa yang disampaikan oleh pendidik. Oleh karena itu kompetensi profesional pendidik sangat penting dimiliki oleh seorang pendidik untuk memaksimalkan proses pembelajaran. Dengan demikian jelaslah bahwa berhasil atau tidaknya suatu pembelajaran sangat dipengaruhi oleh kompetensi profesional yang dimiliki oleh seorang pendidik.

Selanjutnya rumusan masalah dalam penelitian ini adalah "Apakah ada pengaruh antara Kompetensi profesional pendidik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Metro TA. 2012/2013".

Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh antara kompetensi profesional pendidik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik. Sedangkan Populasi dalam penelitian ini berjumlah 179 peserta didik, kemudian penulis mengambil sampel dari tiap kelas sebanyak 25%, jadi total keseluruhan sampel dalam penelitian ini berjumlah 45 peserta didik.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode angket sebagai metode pokok, dan metode dokumentasi sebagai metode penunjang. Teknik analisis data yang penulis gunakan adalah analisis Chi Kuadrat (X2). Hasil perhitungan menunjukkan bahwa X2 hitung lebih besar dari harga kritik X2 tabel, baik pada taraf signifikasi 5% maupun 1 %. Dimana X2 hitung 8,299 > 3,84 maupun 8,299 > 6,63. Dengan demikian karena chi kuadrat hitung lebih besar dari chi kuadrat tabel maka hipotesis alternatif yang penulis ajukan diterima.

Jadi kesimpulannya, Ada pengaruh antara Kompetensi profesional pendidik terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri 7 Metro TA. 2012/2013".

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 20 May 2025 09:30
Last Modified: 22 May 2025 04:55
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11085

Actions (login required)

View Item View Item