Sahputra, Luxy Aji (2025) Implementasi Metode Tasmi’ di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Luxy Aji Sahputra.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Skripsi ini membahas tentang metode yang digunakan dalam menghafal Al-Qur’an siswa SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro, karena kebanyakan orang bisa menghafal Al-Qur’an akan tetapi sulit untuk menjaganya, maka diperlukan metode metode khusus untuk memudahkan dalam proses menjaganya, seperti implementasi metode tasmi’ yang dilaksanakan di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro.
Pertanyaan penelitian ini yaitu “Bagaimana Implementasi, Faktor Pendukung dan Faktor Penghambat Metode Tasmi’ di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro Tahun Ajaran 2024/2025?” dengan tujuan penelitian ini adalah 1) Mengetahui implementasi metode tasmi’ dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an siswa. 2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat implementasi metode tasmi’ dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an siswa. 3) Mengetahui solusi untuk mengatasi hambatan hambatan implementasi metode tasmi’ dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an siswa di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro.
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dan dokumentasi dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian mengungkapkan bahwa : 1) Implementasi metode tasmi’ dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an siswa sudah dilaksanakan sejak dibangunnya SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro. Implementasi metode tasmi’ dikelompokan menjadi dua yaitu Tasmi’ dengan guru tahfidz dan Tasmi’ dengan teman sesuai dengan jam pembelajarannya. 2) Faktor pendukung dalam implementasi metode tasmi’ dalam pelaksanaan hafalan Al-Qur’an di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro. Pertama, yaitu adanya motivasi dari orang orang terdekat yaitu orang tua, guru dan teman. Kedua, Adanya jadwal kegiatan tahfidz yang terstruktur. Ketiga, Lingkungan yang kondusif. Faktor penghambat implementasi metode tasmi’ dalam pelaksanaan Hafalan Al-Qur’an di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro. Pertama, yaitu rasa malas, Kedua, Tidak percaya diri. Ketiga, Tidak bisa mengatur waktu. Keempat, yaitu faktor banyak ayat ayat Al-Qur’an yang hampir sama. 3) Solusi menghambati hambatan hambatan implementasi metode tasmi’ di SMP Tamaddun Roudlatul Qur'an Metro. Pertama, Yaitu ikhlas menuntut ilmu. Kedua selalu menjaga hafalan agar tetap tetap terjaga dengan baik yang dapat dilakukan dengan cara istiqomah melakukan murojaah dan mengikuti kegiatan tasmi’ yang ada di SMP Tamaddun Roudlatul Qur’an Metro. Ketiga, Manajemen waktu yang baik.
Kata Kunci: Implementasi, Metode Tasmi’, Hafalan Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 20 May 2025 09:31 |
Last Modified: | 20 May 2025 09:31 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11088 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |