Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Nampirejo

Rahayu, Wiwik Sri (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Nampirejo. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Wiwik Sri Rahayu.pdf] PDF
Wiwik Sri Rahayu.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya permasalahan kemampuan pemecahan masalah matematika yang masih rendah. Rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa tersebut dipengaruhi oleh beberapa factor diantaranya adalah penggunaan model pembelajaran yang selama ini belum maksimal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika serta proses belajar mengajar yang sering kali masing didominas oleh ceramah saja dari guru. Kondisi ini mengakibatkan siswa kurang aktif dalam mengikuti kegiatan belajar sehingga hasil belajar Matematika menjadi rendah. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas IV SD Negeri 1 Nampirejo

Jenis penelitian ini adalah Pre-Eksperimental desain one group pretest-postest design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Nampirejo. Jenis sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah sampling jenuh. Pada penelitian ini sampel yang peneliti gunakan berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes essay kemudian dianalisis dengan parametrik, sebelumnya data tersebut diuji prasyarat dengan uji normalitas.

Berdasarkan hasil penelitian dan hasil analisis data yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kontekstual dapat memberikan pegaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika pada materi pembagian. Hal ini terbukti dari hasil perhitungan yang telah dilakukan yaitu dengan nilai rata- rata pretes sebesar 48,41 dan nilai rata – rata postes 92,59. Maka dengan hasil tersebut ditunjukan bahwa terdapat perbedaan rata – rata kemampuan pemecahan masalah antara nilai pretes dan nilai postes setelah diberikan perlakuan.

Kata Kunci : Pemecahan Masalah Matematika Menggunakan Metode Kontekstual

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 May 2025 04:54
Last Modified: 22 May 2025 04:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11090

Actions (login required)

View Item View Item