Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Analisis Produk Tabungan Junior di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung

Febriana, Andra (2025) Analisis Produk Tabungan Junior di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Andra Febriana.pdf] PDF
Andra Febriana.pdf

Download (2MB)

Abstract

Produk Tabungan Junior di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung dirancang khusus untuk anak-anak dan remaja dengan tujuan utama untuk menumbuhkan kebiasaan menabung sejak dini, sambil memperkenalkan prinsip-prinsip keuangan berbasis syariah. Dalam perjalanannya, BSI KCP Kedaton Bandar Lampung terus melakukan berbagai inovasi dan strategi pemasaran yang bertujuan untuk meningkatkan minat dan partisipasi dari nasabah muda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mendorong perkembangan produk Tabungan Junior di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung.

Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research) dengan sifat penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data penelitian yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu model analisis data interatif Miles dan Huberman dengan melakukan pengumpulan data, penyajian data, reduksi data dan verifikasi/penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai apa saja faktor-faktor yang mendorong perkembangan Produk Tabungan Junior di BSI KCP Kedaton Bandar Lampung meliputi: 1) Secara sosial, kerjasama dengan sekolah-sekolah dan kegiatan edukasi keuangan di lingkungan pendidikan memperkuat pengenalan dan minat terhadap produk ini. 2) Faktor pribadi seperti usia, tahap kehidupan, dan situasi ekonomi keluarga juga memainkan peran penting, terutama bagi orang tua yang ingin memulai kebiasaan menabung sejak dini untuk anak-anak mereka. 3) Faktor psikologis, termasuk motivasi untuk memberikan edukasi keuangan dan persepsi positif tentang manfaat produk syariah, semakin memperkuat keputusan untuk memilih Tabungan Junior. 4) Budaya yang mengutamakan nilai-nilai syariah dan pendidikan keuangan, serta program edukatif yang sesuai, sangat menarik minat keluarga yang ingin menerapkan prinsip Islam dalam kehidupan sehari-hari. Kombinasi dari keempat faktor ini berkontribusi secara signifikan terhadap keberhasilan dan perkembangan produk di pasar.

Kata Kunci: Minat, Perkembangan, Tabungan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 22 May 2025 04:54
Last Modified: 22 May 2025 04:54
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11091

Actions (login required)

View Item View Item