Hamdani, Ferdi (2025) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam dalam Mengembangkan Media Pembelajaran di SMA N 1 Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
FERDI HAMDANI.pdf - Other Download (6MB) |
Abstract
Upaya adalah usaha, ikhtiar serta mencari jalan keluar untuk mencapai suatu tujuan. Upaya guru Pendidikan Agama Islam merupakan segala usaha, tindakan dan strategi yang dilakukan oleh guru PAI dalam rangka mencapai tujuan pembelajaran Agama Islam. Sedangkan media adalah alat atau perantara yang digunakan untuk menyampaikan materi pembelajaran guna mencapai pendidikan secara lebih efektif dan efisien. Penelitian ini di latar belakangi oleh kurangnya keaktifan siswa dalam belajar dikarenakan durasi belajar yang lama serta guru masi mengggunakan media yang monoton sehingga membuat siswa merasa jenuh dalam belajar. Untuk mengatasi hal ini, guru PAI berupaya mengembangkan media pembelajaran guna meningkatkan partisipasi siswa dan memperkaya sumber belajar.
Penelitian ini menggunakan pendekakatan penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data primer dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam sedangkan sumber data sekunder nya adalah siswa sebanyak 4 orang yang terdiri dari kelas XII serta wakil kepala sekolah. Kemudian teknik penjamin keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan menggunakan proses reduksi data, penyajian data dan penarik kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, maka dapat disimpulkan bahwa upaya guru dalam mengembangkan media pembelajaran adalah menganalisis kebutuhan dan karakteristik siswa, merumuskan tujuan instruksional, merumuskan butir butir materi, menganalisis media yang sesuai dengan karakteristik siswa, serta mengadakan tes dan revisi. Upaya-upaya tersebut sangat efektif dalam meningkatkan keaktifan dan partisipasi siswa selama proses pembelajaran. Siswa menjadi lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran, dan lebih mudah memahami materi yang disampaikan. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang relevan dengan kebutuhan siswa juga membantu menciptakan suasana belajar yang lebih menarik dan interaktif, sehingga tujuan pembelajaran Agama Islam dapat tercapai secara optimal. Hal ini menunjukkan bahwa pengembangan media pembelajaran yang inovatif dan terencana memiliki dampak positif yang signifikan terhadap kualitas pembelajaran.
Kata Kunci : Upaya Guru PAI, Media Pembelajaran
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:54 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:54 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11092 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |