Nurkholidah, Lisa (2025) Metode Guru TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak di TPQ Al-Muttaqin Desa Raman Endra. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Lisa NurKholidah.pdf - Other Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan membaca Al-Qur‟an anak di TPQ Al-Muttaqin kurang baik. Karena, ketika anak-anak membaca Al-Qur‟an masih salah membaca tajwidnya, belum benar dalam melafalkan makhorijul hurufnya, panjang pendeknya belum sesuai dan cara membacanyapun masih terputus-putus. Pertanyaan dalam penelitian ini yaitu Bagaimana Metode Guru TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Anak di TPQ Al-Muttaqin Desa Raman Endra? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Metode Guru TPQ dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur‟an Anak di TPQ Al-Muttaqin Desa Raman Endra.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru TPQ Al-Muttaqin dan berbagai data pendukung lainnya. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi teknik. Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan melalui proses reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini adalah sebagai berikut, berdasarkan hasil wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan penulis diketahui bahwasanya guru TPQ Al-Muttaqin sudah memberikan pemahaman pembelajaran terkait bacaan Al-Qur‟an yang baik dan benar. Melalui metode guru TPQ Al-Muttaqin dapat mengajarkan kepada anak-anak terkait materi bacaan Al-Qur‟an seperti ilmu tajwid, makharijul huruf serta materi-materi lainnya terkait membaca Al-Qur‟an yang baik dan benar. Guru juga memberikan pemahaman awal tentang makharijul huruf dan ilmu tajwid sebelum peserta didik memulai membaca ayat-ayat Al-Qur‟an. Selain itu, guru memberikan umpan balik berupa koreksi dan apresiasi terhadap bacaan anak-anak untuk meningkatkan semangat dan ketelitian mereka dalam membaca. Metode yang digunakan dapat membantu anak-anak dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur‟an secara tartil, jelas, dan teratur.
Kata Kunci : Metode Guru, Kemampuan Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:53 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:53 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11094 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |