Yahya, Evendi (2024) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV di Mi Miftahul Huda Punggur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Evendi Yahya.pdf - Other Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS, yang ditunjukkan oleh banyaknya peserta didik yang belum mencapai ketuntasan belajar. Rendahnya hasil belajar ini disebabkan oleh beberapa faktor, antara lain kurangnya pemahaman peserta didik terhadap materi yang disampaikan guru, minimnya penggunaan media pembelajaran, serta dominannya pembelajaran yang berpusat pada guru (teacher-centered). Selain itu, metode pembelajaran yang digunakan di kelas cenderung monoton dan kurang bervariasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Miftahul Huda Punggur.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen jenis quasi-experiment. Desain penelitian yang diterapkan adalah Nonequivalent Control Group Design Pretest Posttest. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes tertulis berupa soal uraian untuk mengukur tingkat pemahaman peserta didik terhadap materi, serta melalui observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic inferensial, yang mencakup Uji T’ Independent Sample T-Test dan uji N-Gain yang telah ternormalisasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Miftahul Huda Punggur. Hal ini dibuktikan melalui hasil pengujian hipotesis menggunakan uji T’ Independent Sample T-Test yang menunjukkan nilai probabilitas (Sig.) sebesar 0,008, yang lebih kecil dari taraf signifikan α = 0,05. Maka dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaru h model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran IPAS kelas IV di MI Miftahul Huda Punggur. Efektivitas model ini juga terbukti melalui hasil uji N-Gain Score pada kelas eksperimen, yang menunjukkan nilai sebesar 0,665. Nilai tersebut berada dalam rentang 0,30 ≤ g ≤ 0,70, yang termasuk dalam kategori “sedang”. Dengan demikian, peningkatan hasil belajar setelah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dapat dikategorikan sebagai peningkatan yang sedang atau cukup efektif.
Kata kunci: Jigsaw, Hasil Belajar, IPAS
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:34 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:34 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11095 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |