Heru, Heru (2014) Peranan Orang Tua dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Anak di Desa Pasar Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
HERU_0947521_PAI_2014.pdf Restricted to Repository staff only Download (13MB) |
Abstract
Menurut ajaran Islam setiap anak dilengkapi dengan fitrah Allah, berupa bentuk atau wadah yang dapat diisi dengan berbagai kecerdasan, kecakapan dan ketrampilan yang dapat berkembang, dengan adanya bimbingan dan pendidikan yan diberikan oleh orang tua. Salah satu potensi dalam diri anak yang dapat dikembangkan adalah kecerdasan spiritual. Kecerdasan spiritual adalah kemampuan untuk memberi makna ibadah pada setiap perilaku dan kegiatan melalui langkah-langkah dan pemikiran yang bersifat fitrah, menuju manusia seutuhnya (hanif), dan memiliki pola pemikiran tauhid (integralistik) serta berprinsip hanya karena Allah. Dalam hal ini, orang tua adalah pendidik pertama dan utama dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual anak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peranan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak di Desa Pasar Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif lapangan (field research). Pengumpulan data menggunakan wawancara, dan dokumentasi. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber data, dengan membandingkan hasil wawancara engan orang tua, dengan hasil wawancara dengan anak dan tokoh agama. Teknik analisa data menggunakan teknik analisa data kualitatif Miles and Huberman.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: Peran yang dilakukan orang tua dalam meningkatkan kecerdasan spiritual anak di Desa Pasar Sukadana Kecamatan Sukadana Kabupaten Lampung Timur dilakukan dalam bentuk bimbingan dan latihan tentang tata cara sholat, berwudhu, membaca Al-Quran, berzikir, berdoa, dan bimbingan tentang aspek ajaran Islam yang berkaitan dengan hubungan sesama manusia, seperti kejujuran, sopan santun, dan akhlakul karimah. Bimbingan dan latihan tentang tata cara sholat, berwudhu, membaca Al-Quran, berzikir, dan berdoa, pada umumnya dilakukan di lembaga pendidikan keagamaan yang terdapat di Desa Pasar Sukadana, yaitu TPQ yang ada di masjid, atau mushala Desa Pasar Sukadana. Sedangkan bimbingan dan latihan yang berkaitan dengan aspsek hubungan sesama manusia, seperti kejujuran, persaudaraan, dan akhlakul karimah lebih banyak dilakukan oleh orang tua di rumah. Kendala yang dihadapi dalam upaya meningkatkan kecerdasan spiritual anak di Desa Pasar Sukadana adalah adanya anggapan dari sebagian orang tua yang berpandangan bahwa pendidikan agama yang diajarkan di TPQ dapat mengahambat kemajuan belajar anak di sekolah formal. Kendala lain yang dihadapi pengaruh pergaulan anak di luar rumah.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:13 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:13 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11097 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |