Purwasih, Eka (2013) Hubungan Kompetensi Akademik Guru dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
Eka Purwasih.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Guru merupakan faktor yang terpenting dan dominan dalam pendidikan formal pada umumnya karena peran guru sangatlah penting dalam tercapainya tujuan pembelajaran dan juga peningkatan prestasi belajar siswa disekolah. Kompetensi akademik yaitu kemampuan guru dalam penguasaan akademik (mata pelajaran/bidang studi) yang diajarkan dan terpadu dengan kemampuan mengajarnya sekaligus, sehingga guru itu memiliki wibawa akademik. Adapun rumpun dalam kompetensi akademik guru yaitu meliputi pengelolaan rencana pembelajaran, pengelolaan pelaksanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, pengelolaan media/alat bantu pembelajaran, pengelolaan dan pengelolaan interaksi belajar mengajar.
Berdasarkan diskripsi diatas maka masalah dalam penelitian ini adalah kompetensi akademik guru di SMP PGRI 2 Batanghari Lampung Timur sudah baik, akan tetapi prestasi belajar siswa masih kurang atau relative rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya Hubungan Kompetensi Akademik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidika Agama Islam Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Batanghari Lampung Timur TP.2012/2013. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, dokumentasi dan interview. Kemudian untuk menganalisa data digunakan rumus product moment.
Adapun hipotesis dalam penelitian ini yaitu Ada Hubungan Antara Kompetensi Akademik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VII SMP PGRI 2 Kecamatan Batanghari Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Berdasarkan analisa data tentang Kompetensi Akademik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI yang dilakukan menggunakan rumus "product moment" menghasilkan rxy sebesar 0,887, pada taraf signifikan 1% (0,393) dan 5% (0,304) maka rxy lebih besar dari Fabel-Dengan demikian terdapat adanya hubungan yang signifikan antara Kompetensi Akademik Guru Dengan Prestasi Belajar Mata pelajaran PAI siswa kelas VII SMP PGRI 2 Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:16 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:58 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11100 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |