Elviana, Elza (2025) Strategi Pembelajaran pada Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita dalam Pengembangan Kemandirian di SMALB Negeri Kota Gajah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Elza Elviana.pdf Download (5MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji tentang penggunaan strategi pembelajaran yang tepat pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam pengembangan kemandirian di SMALB Negeri Kota Gajah. Terdapat permasalahan yang ditemukan peneliti yaitu anak tunagrahita memerlukan pendampingan pembelajaran yang lebih intens dibandingkan dengan anak normal pada umumnya, sebab anak tunagrahita memiliki ganguan daya ingat, pemikiran lemah, keterbelakangan mental, keterbatasan intelegensi dan ketidakcakapan dalam berinteraksi sosial. Anak tunagrahita juga memiliki kesulitan dalam kemandirian dan bersosialisasi, dimana pada saat melakukan aktivitas kegiatan sehari-hari mereka selalu membutuhkan dampingan serta bantuan dari orang lain.
Pertanyaan penelitian ini adalah: 1) Bagaimana strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam pengembangan kemandirian di SMALB Negeri Kota Gajah, 2) Apa saja faktor penghambat serta pendukung kegitan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam
pengembangan kemandirian di SMALB Negeri Kota Gajah 3) Apa saja upaya yang dilakukan untuk dapat mengatasi faktor penghambat pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita dalam pengembangan kemandirian di SMALB Negeri Kota Gajah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita, untuk mendeskripsikan faktor penghambat dan pendukung kegiatan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita, dan untuk mendeskripsikan upaya yang dapat dilakukan dalam mengatasi hambatan pembelajaran pada anak berkebutuhan khusus tunagrahita.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta analisis dokumen untuk mendapatkan informasi yang dibutuhkan, bersumber dari data primer dan sekunder. Penelitian ini menggunakan teknik penjamin data triangulasi sumber dan teknik. Adapun untuk teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verivikasi. Hasil penelitian ini adalah: 1) Strategi yang digunakan guru yaitu dengan menggunkan strategi individual, metode pengulangan, strategi bercerita (storytelling) dan contoh benda kongkrit dalam menyampaikan materi pembelajaran. 2) Faktor penghambat berasal dari siswa, orang tua, waktu, dan penyampaian materi harus secara diferensial. Faktor pendukung yaitu berasal dari kemajuan teknologi, support dari orang tua, guru dan anak-anak yang memiliki rasa semangat belajar. 3) Upaya yang dilakukan guru adalah tetap melakukan komunikasi dengan orang tua, memberi reward,
serta peringatan apabila anak melakukan suatu kesalahan.
Kata Kunci: Startegi, Tunagrahita, Kemandirian.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:21 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:21 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11103 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |