Sari, Septi Nawang (2025) Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Septi Nawang Sari.pdf Download (5MB) |
Abstract
Rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat yang dilihat berdasarkan pada hasil belajar siswa yang masih belum mencapai Ketuntasan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila yang telah ditetapkan, yaitu ≥70. Hasil prasurvey menunjukkan bahwa faktor yang menyebabkan rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa diantaranya siswa tidak begitu tertarik dengan pelajaran pendidikan pancasila, siswa bermalas-malasan dalam mengikuti pembelajaran, siswa tidak aktif dalam diskusi, tidak berani mengungkapkan pendapatnya, mengantuk, bermain, mengobrol dengan temannya, dan tidak memperhatikan penjelasan materi yang disampaikan oleh guru. Kurangnya penggunaan model pembelajaran yang bervariatif menyebabkan siswa kesulitan dalam memahami materi pembelajaran yang disampaikan oleh guru sehingga berakibat terhadap rendahnya aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila di Kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat. Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus, dengan setiap siklus terdiri dari tiga pertemuan. Setiap siklus memiliki empat tahapan kegiatan yaitu, perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat, dengan total siswa sebanyak 23 anak, terdiri dari 9 siswa perempuan dan 14 siswa laki-laki. Metode pengumpulan data yang digunakan mencakup dokumentasi, observasi dan tes. Adapun teknik analisis data meliputi analisis kuantitatif dan kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas belajar pada siklus I adalah sebesar 73,4% dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 13,5% menjadi 86,9%. Kemudian untuk hasil belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 47,8% dan siklus II terjadi peningkatan sebesar 43,5% sehingga menjadi 91,3%. Indikator keberhasilan dalam penelitian ini adalah adanya peningkatan aktivitas dan hasil belajar siswa yang ditandai dengan tercapainya Ketuntasan Ketercapaian Tujuan Pembelajaran (KKTP) dengan rata-rata ketuntasan lebih dari 75%. Hasil tersebut memperkuat bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Game Tournament (TGT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar secara signifikan pada siswa kelas V di Sekolah Dasar Negeri 8 Metro Barat tahun pelajaran 2024/2025.
Kata Kunci: Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT)
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 02:22 |
Last Modified: | 22 May 2025 02:22 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11105 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |