Aliyansyah, Dedy (2012) Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
DEDY ALIYANSYAH.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Menajemen kelas merupakan suatu keterampilan yang dimiliki oleh guru untuk menciptakan suasana belajar yang optimal dalam kelas, sehingga kegiatan belajar mengajar dapat berjalan sebagaimana yang diharapkan. Dengan menerapkan manajemen kelas yang baik, maka proses belajar mengajar akan berlangsung efektif dan optimal, tentu saja ini akan berdampak positif kepada prestasi belajar yang di peroleh siswa. Permasalahan dalam penelitian ini adalah adanya fenomena yang mengidentifikasikan guru pendidikan agama Islam SMP Negeri 4 Metro telah menerapkan manajemen kelas dengan baik, namun masih terdapat siswa yang prestasi belajar pendidikan agama Islam belum mencapai kreteria ketuntasan minimal dan masuk kedalam kategori cukup. Sehingga adanya kesenjangan antara manajemen kelas dengan prestasi belajar pendidikan agama Islam.
Berdasarkan paparan latar belakang di atas, maka dapat di rumuskan masalah penelitian sebagai berikut: "Apakah ada pengaruh manajemen kelas terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Tahun pelajaran 2012/2013?".
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui manajemen kelas yang dilakukan guru bidang studi pendidikan agama Islam SMP Negeri 4 Metro Tahun pelajaran 2012/2013, 2) mengetahui Prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Tahun pelajaran 2012/2013 dan 3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara manajemen kelas terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Tahun
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui manajemen kelas yang dilakukan guru bidang studi pendidikan agama Islam SMP Negeri 4 Metro Tahun pelajaran 2012/2013, 2) mengetahui Prestasi belajar bidang studi pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Tahun pelajaran 2012/2013 dan 3) mengetahui seberapa besar pengaruh antara manajemen kelas terhadap prestasi belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro Tahun pelajaran 2012/2013. Penelitian ini menggunakan pendekatan deduktif verifikatif. Adapun jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 169 siswa dan sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 33 siswa. Penelitian ini menggunakan tehnik pengumpulan data dengan metode angket, dokumentasi, dan observasi.
Hasil analisi menunjukkan bahwa harga chi kuadrat (x²) hitung lebih besar dari pada chi kuadrat (2) tabel, baik taraf signifikan 1% atau 5%, yaitu 13,227 14,81>9,488. Maka dalam penelitian ini hipotesis (Ha) diterima dan hipotesis nol (Ho) ditolak. Dengan demikian, dapat disimpulakan bahwa terdapat keterkaitan yang erat antara pengaruh manajemen kelas terhadap prestas belajar pendidikan agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Metro tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:49 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:49 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11111 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |