Agustina, Ranita (2025) Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Perilaku Sosial Siswa di SMP N 3 Batanghari. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Ranita Agustina.pdf Download (10MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di SMP N 3 Batanghari. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian yaitu seluruh siswa kelas VIII di SMP N 3 Batanghari yang berjumlah 189 siswa dan teknik pengambilan sampel menggunakan metode proportionate random sampling, kemudian perhitungannya menggunakan rumus Slovin dengan tingkat signifikasi (error) yang ditetapkan (0,05), dan didapatkan jumlah sampel sebanyak 129 responden. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis menggunakan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas dan uji linearitas, kemudian data diolah dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh antara variabel X (Penggunaan Gadget) terhadap variabel Y (Perilaku Sosial) siswa. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil analisis data regresi linier sederhana dengan hasil nilai signifikansi sebesar 0,00 yaitu < 0,05. Sehingga hipotesis dinyatakan terdapat pengaruh penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII di SMP N 3 Batanghari. Adapun hasil penelitian yang dilakukan diperoleh hasil data tingkat signifikan antara penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Batanghari, yaitu dengan diperoleh nilai hitung regresi linear sederhana F sebesar 114,899. Sedangkan nilai signifikansinya sebesar 0,00 yang berarti lebih kecil dari nilai probabilitas 0,05 (α = 0,00 < 0,05). Berdasarkan hal tersebut dapat dinyatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti terdapat pengaruh variable X (penggunaan gadget) terhadap variable Y (perilaku sosial). Berdasarkan uji koefisien determinasi diperoleh nilai R Square sebesar 0,475 yang berarti bahwa ada pengaruh Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perilaku Sosial Siswa yaitu sebesar 47,5%. Sedangkan sisanya yaitu 52,5% dipengaruhi oleh faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Penggunaan Gadget, Perilaku Sosial
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:51 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11113 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |