Aziza, Siti Parida Nur and Maza, Rina El (2025) Marketing Strategy to Maintain The Existence and Sustainabilityf Payungi Based on Sharia Management. Jurnal Manajemen Strategis dan Inovasi, 7 (1).
![]() |
PDF
Siti Parida Nur Aziza.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini mengkaji penerapan prinsip-prinsip syariah dalam operasional Pasar Yosomulyo Pelangi (Payungi) dan kontribusinya terhadap keberlanjutan pasar. Fokus utama penelitian ini adalah menganalisis bagaimana prinsip-prinsip syariah diterapkan dalam transaksi jual beli, serta dampaknya terhadap ekonomi dan social masyarakat sekitar. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode studi kasus, di mana data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi langsung, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pasar Payungi menerapkan prinsip syariah seperti keadilan, kejujuran, transparansi harga, kualitas produk yang terjamin, serta tanggung jawab sosial dan lingkungan. Penerapan prinsip-prinsip ini tidak hanya mendukung keberlanjutan pasar, tetapi juga memberikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan masyarakat sekitar, terutama dalam hal pemberdayaan ekonomi lokal, pengurangan dampak negatif terhadap lingkungan, dan dukungan terhadap kegiatan sosial seperti zakat dan infak. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa pasar yang mengintegrasikan prinsip syariah dapat menjadi model bagi pasar tradisional lainnya, yang tidak hanya berorientasi pada keuntungan ekonomi tetapi juga pada keberlanjutan sosial dan lingkungan.
Kata Kunci : Prinsip Syariah, Pasar Tradisional, Keberlanjutan Ekonomi Syariah, Tanggung Jawab Sosial
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | Ekonomi Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:51 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:51 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11114 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |