Mutmainah, Mutmainah (2012) Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas VIII SMP Negeri I Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
MUTMAINAH.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (14MB) |
Abstract
Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal dalam melaksanakan Proses pembelajaran dengan berencana dan bertujuan sedangkan pendidikan dapat berjalan dengan baik apabila ditunjang oleh beberapa unsur seperti adanya minat belajar.
Sedangkan yang menjadi permasalahan pada penelitian ini yaitu "sampai dimana minat belajar terhadap hasil belajar dan yang menjadi hipotesis dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh antara minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri I Batanghari Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013.
Adapun tujuan penelitian ini yaitu: 1) Untuk mengetahui minat belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. 2) Untuk mengetahui hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Batanghari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013. 3) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam peserta didik kelas VIII SMP Negeri I Batanghari Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2012/2013.
Untuk mendapatkan data penulis menggunakan metode angket dan dokumentasi sebagai metode utama sedang metode observasi dan interview sebagai metode pendukung. Sedangkan yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Batanghari yang berjumlah 174, karena sampelnya lebih seratus maka penulis mengambil populasi sebesar 30%, jadi populasi dalam penelitian berjumlah 52 seserta didik.
Untuk mengolah data penulis menggunakan rumus chi kuadrat pada taraf signifikan 5% dan 1%. Dan untuk mengetahui seberaba besar koefisiennya dengan menggunakan rumus koefisien kontingensi. Dari analisa data diperoleh hitung sebesar 14,68 sedangkan x tabel taraf signifikan 5% sebesar 13,227 dan taraf signifikan 1% sebesar 9,488 karena z hitung lebih besar dari z tabel baik pada taraf signifikan 5% atau 1% oleh karenanya Ho ditolak sehingga ada korelasi yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII SMP Negeri I Batanghari Kabupaten Lampung Timur tahun pelajaran 2012/2013.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 22 May 2025 04:52 |
Last Modified: | 22 May 2025 04:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11115 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |