Wijayanto, Tomi (2013) Penggunaan Τehnik Jigsaw untuk Meningkatkan Pemahaman Membaca Siswa Kelas Delapan MTs Al Asror Sekampung Lampung Timur. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
TOMI WIJAYANTO_0955277_B.INGGRIS_2023.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (10MB) |
Abstract
Membaca merupakan salah satu aspek yang penting dalam dunia pendidikan. Membaca juga merupakan salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh pelajar bahasa inggris Dengan membaca dapat meningkatkan pengetahuan siswa dan pengalaman belajar siswa. Selain itu disekolah semua mata pelajaran mempunyai buku sehingga untuk dapat mengikuti pelajaran dengan baik siswa harus membaca, karena semua informasi yang dibutuhkan ada dalam bentuk tertulis. Untuk dapat membaca siswa perlu dilatih dan menggunakan metode dan materi bacaan yang tepat agar lebih mudah untuk memahami isi bacaaan. Ada banyak materi atau jenis text yang dapat digunakan dalam reading comprehension. Sayangnya hal ini belum digunakan secara optimal sehingga siswa kurang memahami bacaan yang dibaca.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah tehnik jigsaw dapat memperbaiki pemahaman membaca siswa kelas delapan MTs AL ASROR Sekampung. Bentuk dari penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Subjek dari penelitian ini adalah 24 siswa kelas delapan MTS AL ASROR Sekampung, dalam pengumpulan data peneliti menggunakan test (yang terdiri dari pre tes dan pos tes), observasi, dokumentasi dan catatan lapangan. Penelitian ini dilaksanakan secara kolaboratif dengan guru mata pelajaran bahasa inggris kelas delapan MTs AL ASROR Sekampung.
Hasil dari penulis menunjukan bahwa ada peningkatan hasil dari pre test dan post test yang dilakukan. Dalam siklus pertama hasil nilai rata-rata siswa yaitu 11 siswa (45.8%) pada siklus pertama meningkat menjadi 22 siswa (91.64%) pada siklus kedua yang mendapatkan nilai lebih dari 66. Kriteria kelulusan minimal siswa MTs AL ASROR Sekampung adalah 66. Sedangkan peningkatan siswa dalam proses adalah 53.46% pada siklus pertama meningkat menjadi 81.94% pada siklus kedua. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa hasil data dalam siklus kedua telah mencapai indicator karena 80% siswa telah mendapat nilai 66 atau lebih dan telah lebih aktif dalam proses pembelajaran.Berdasarkan pemaparan dari hasil tes tersebut, penelitian ini menghasilkan kesimpulan bahwa tehnik jigsaw dapat memperbaiki pemahaman membaca siswa kelas delapan MTs AL ASROR Sekampung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Bahasa Inggris Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 26 May 2025 03:29 |
Last Modified: | 26 May 2025 03:29 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11117 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |