Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum Payung Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah

Diba, Octa Fara (2013) Penerapan Metode Total Physical Response (TPR) Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV MI Nurul Ulum Payung Rejo Kecamatan Pubian Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of OCTA FARA DIBA_0952075_PGMI_2013.pdf] Text
OCTA FARA DIBA_0952075_PGMI_2013.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Penelitian ini berangkat dari latar belakang masalah yaitu rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar siswa disebabkan karena metode ceramah dan masih monoton penyampaian pembelajaran serta siswa mengalami kesulitan dalam mengingat materi yang telah disampaikan oleh guru. Berdasarkan uraian permasalahan di atas, melalui penelitian ini diharapkan guru dapat meningkatkan metode dan kualitas mengajarnya sehingga hasil belajar siswa seperti yg diharapkan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan penerapan metode Total Physical Response (TPR) dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Ulum Payung Rejo?

Adapun tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV MI Nurul Ulum Payung Rejo pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013. 2. Untuk mengetahui apakah melalui penerapan metode Total Physical Response (TPR) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV MI Nurul Ulum pada semester ganjil tahun ajaran 2012/2013.

Pengumpulan data dilakukan melalui tes, lembar observasi, dokumentasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan rumus rata-rata. Dilihat dari peningkatan hasil belajar pada siklus I sebesar 53,33% dan hasil belajar siswa yang tuntas pada siklus II sebesar 73,33%. Hasil belajar siswa dari siklus I dan siklus II terjadi Peningkatan sebesar 20%.

Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut: penerapan metode Total Physical Response (TPR) dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Inggris siswa kelas IV MI Nurul Ulum Payung Rejo terhadap materi pokok Body and Face.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 26 May 2025 03:34
Last Modified: 26 May 2025 03:34
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11119

Actions (login required)

View Item View Item