Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Kauman Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012

Sholihah, Umi (2012) Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam Melalui Metode Eksperimen Siswa Kelas V MI Nurul Ulum Kauman Kotagajah Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of UMI SHOLIHAH_0843465_2012_PGMI.pdf] PDF
UMI SHOLIHAH_0843465_2012_PGMI.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (15MB)

Abstract

Aktivitas belajar siswa merupakan kegiatan yang dilakukan siswa dalam proses pembelajaran, semakin banyak aktivitas yang dilakukan dalam belajar, maka proses pembelajaran yang terjadi akan semakin baik. Hasil belajar siswa merupakan bukti dari usaha yang telah dilakukan siswa dalam kegiatan pembelajaran dan dapat digambarkan melalui nilai yang diperoleh siswa dari tes hasil belajarnya. Jika kedua hal tersebut berjalan dengan baik, tentunya ketuntasan hasil belajar akan tercapai sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil prasurvey peneliti pada hasil ulangan harian semester ganjil mata pelajaran IPA kelas V MI Nurul Ulum Tahun Pelajaran 2010/2011 terdapat beberapa siswa yang belum tuntas KKM karena proses pembelajarannya masih menggunakan metode yang kurang menunjang aktivitas siswa, dari hal tersebut maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: "Apakah penggunaan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa".

Mengacu masalah tersebut di atas, penulis berusaha untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode eksperimen pada sub pokok bahasan organ pernapasan manusia, pada pembelajaran ini siswa akan terlibat secara langsung dalam kegiatan pembelajaran. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 3 siklus, tahap-tahapnya adalah perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah: "Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V MI Nurul Ulum Tahun Pelajaran 2011/2012". Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan instrumen berupa lembar observasi yang digunakan untuk melihat aktivitas belajar siswa pada saat proses pembelajaran, dan tes tertulis berupa soal tes yang dilakukan diawal dan diakhir siklus yang digunakan untuk mengetahui hasil belajar siswa.

Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dan pembahasan yang telah dikemukakan, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut: 1) Pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa kelas V MI Nurul Ulum pada mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2011/2012, peningkatan aktivitas ini dapat dilihat pada tiap-tiap indikator dan persentase rata-rata aktivitas belajar siswa. Pada siklus I ke siklus II mengalami peningkatan sebesar 6,96%. Pada siklus II ke siklus III mengalami peningkatan sebesar 6,04% dan telah mencapai target yang diharapkan. 2) Pembelajaran menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Nurul Ulum pada mata pelajaran IPA Tahun Pelajaran 2011/2012, hal tersebut dapat dilihat dari peningkatan ketuntasan hasil belajar di tiap-tiap siklus, di mana pada siklus I siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan belajar sebesar 65,38% dan pada siklus II meningkat sebesar 80,77% dan juga pada siklus III meningkat sebesar 88,46%.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 26 May 2025 03:32
Last Modified: 26 May 2025 03:32
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11120

Actions (login required)

View Item View Item