Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V MI Asy-Syahadatain Kunyayan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012

Mahmudoh, Mahmudoh (2012) Penerapan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dalam Mata Pelajaran Akidah Akhlak Peserta Didik Kelas V MI Asy-Syahadatain Kunyayan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of MAHMUDOH_0957055_PGMI_2012.pdf] PDF
MAHMUDOH_0957055_PGMI_2012.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran bidang studi akidah akhlak di MI Asy-Syahadatain Kecamatan Wonosobo masih terdapat beberapa kelemahan, sehingga dapat dikatakan bahwa proses pembelajaran belum mencapai kualitas sebagaimana yang diharapkan. Beberapa kelemahan dalam proses pembelajaran bidang studi akidah akhlak di MI Asy-syahadatain tersebut antara lain adalah, pada saat proses pembelajaran berlangsung peserta didik kurang memperhatikan penjelasan pendidik, interaksi pendidik dan peserta didik kurang akibat metode yang digunakan pendidik kurang bervariasi, sehingga daya serap peserta didik masih kurang. Berdasarkan latar belakang masalah dan identifikasi masalah, maka yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar akidah akhlak peserta didik rendah.

Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan dua siklus. Tiap-tiap siklus terdiri dari 3 pertemuan, dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi.

Hasil penelitian siklus I menunjukkan data hasil belajar peserta didik dengan materi pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan Selama pembelajaran dari satu siklus dengan 3 tahap/kali pertemuan, peserta didik yang tuntas hanya berjumlah 56,4% pada posttest (tes akhir) siklus I dengan kriteria sedang. Hasil belajar di atas belum menunjukkan tercapainya target yaitu peserta didik mampu memenuhi KKM > 65 diakhir siklus, masalah ini disebabkan karena proses pembelajaran kurang maksimal.

Hasil penelitian siklus II menunjukkan data hasil belajar peserta didik dengan materi tentang pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan selama pembelajaran dari siklus dengan 3 tahap/kali pertemuan. Pada awal pretest siklus kedua hanya mencapai 60.51% dan pada akhir siklus II atau posttest dapat mencapai 82.65% dengan kategori sedang. Dalam siklus II ini hasil belajar peserta didik dari pemahaman materi sudah mencapai target yaitu pemahaman peserta didik dalam materi pelajaran pengukuran waktu, sudut, jarak dan kecepatan mencapai diatas 75% dan peningkatan hasil belajar peserta didik tersebut dapat memenuhi target KKM.

Berdasarkan hasil analisis data, maka dapat disimpulkan bahwa "Melalui penerapan metode diskusi dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar akidah akhlak peserta didik kelas V MI Asy-syahadatain Kunyayan Kecamatan Wonosobo Kabupaten Tanggamus tahun pelajaran 2011/2012"

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 26 May 2025 03:31
Last Modified: 26 May 2025 03:31
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11121

Actions (login required)

View Item View Item