Mardliyatun, Mardliyatun (2013) Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas IV di Mi Nurul Ikhsan Bumi Nabung Timur Bumi Nabung Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
MARDLIYATUN_1181665_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Kegiatan belajar mengajar merupakan kegiatan yang wajib diselenggarakan dalam dunia sekolah dan suatu pendidikan merupakan kebuuhan sepanjang hayat.
Setiap manusia membutuhkan pendidikan sampai kapanpun dan dimana pun ia berada untuk meningkatkan keberhasilan yang akan dicapai. Sehubungan dengan hal tersebut diatas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa setelah mengikuti metode yang di gunakan guru dalam proses pembelajaran. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah dilaksanakan pada 2 siklus dan masing-masing siklus dua kali pertemuan, objek tindakan penelitian ini kelas IV MI Nurul Ikhsan Bumi Nabung Timur dengan jumlah 24 siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak dengan materi sifat munafik.
Pada peneliian ini dibagi menjadi dua variabel yaiu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah metode pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini adalah aktivitas dan hasil belajar.
Pengumpulan data dalam metode ini pada data akkivitas siswa diamati dengan lembar observasi pada saat proses belajar mengajar berlangsung, dan data hasil belajar diperoleh dari hasil tes yang akan dilakukan pada setiap akhir siklus, selama kegiatan pembelajaran dengan menggunakan meode jigsaw serta untuk mengamati aktivitas-aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.
Hasil peneliian setelah dianalisis maka dapat diketahui hasilnya bahwa aktivitas belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak secara keseluruhan dari 76,7% menjadi 81,8% dan mengalami peningkatan 5,1%. Kemudian pada hasil belajar didapatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak meningkat dari 60% menjadi 75% dan mengalami peningkaan 15%. Dalam hal ini memenuhi target yang dicapai yakni 75% dari siswa yang memperoleh nilai .≥65. Berdasarkan data-data tersebut maka dapat diketahui bahwa dengan menggunakan metode pembelajaran kooperaif tipe jigsaw dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Akidah Akhlak kelas IV MI Nurul Ikhsan Bumi Nabung Timur. Hal ini dapat dilihat dari presentasi siswa yang tuntas belajar pada siklus I dan sikus I. Berdasarkan data-data tersebut diatas peneliti dapat memberikan jawaban terhadap hipotesis tindakan dalam penelitian yang sudah dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 26 May 2025 08:20 |
Last Modified: | 26 May 2025 08:20 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11122 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |