Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Penguatan (Reinforcement) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Rejoagung Batanghari Lampung Timur 2011/2012

Fitriyanti, Fitriyanti (2012) Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Melalui Pemberian Penguatan (Reinforcement) Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V SD Negeri 1 Rejoagung Batanghari Lampung Timur 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of FITRIYANTI_0843755_PGMI_2012.pdf] PDF
FITRIYANTI_0843755_PGMI_2012.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (13MB)

Abstract

Pendidikan merupakan salah satu aspek terpenting dalam kehidupan. Para pendidik sangat menentukan keberhasilan pendidikan. Namun dalam meningkatkan mutu pendidikan seorang pendidik sering dihadapkan permasalahan-permasalahan yang terjadi dilapangan khususnya pada mata pelajaran IPS. Permasalahan yang terjadi di SD Negeri 1 Rejoagung Batanghari, antara lain rendahnya motivasi belajar siswa berdampak pada hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Salah satu ukuran berhasil atau tidaknya pembelajaran dapat dilihat dari motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi belajar yang diperoleh siswa selama mengikuti pembelajaran melalui pemberian penguatan.

Tindakan yang harus dilakukan untuk memperbaiki pembelajaran tersebut melalui Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan keterampilan pemberian penguatan (reinforcement). Dengan keterampilan pemberian penguatan diupayakan dapat mengatasi permasalahan yang berhubungan dengan peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Rumusan masalah adalah apakah motivasi belajar siswa akan meningkat melalui pemberian penguatan (reinforcement) pada mata pelajaran IPS dengan materi Usaha Mempertahankan Kemerdekaan? Dan apakah hasil belajar siswa akan meningkat melalui pemberian penguatan pada siswa SDN IRejoagung?.

Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS SDN 1 Rejoagung melalui pemberian penguatan (reinforcement). Tekhnik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan angket, tes hasil belajar, lembar pengamatan atau observasi, dan dokumentasi.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa terhadap materi yang ditunjukkan pada rata-rata motivasi siswa pada siklus I mencapai 76% dan pada siklus II meningkat sebanyak 85%. Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I mencapai 64, 71% dan siklus II menjadi 88,24%. Dalam hal ini berarti terjadi peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke Siklus II sebesar 23,52%. Dari analisis tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian penguatan dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 1 Rejoagung Batanghari Lampung Timurr Tahun Pelajaran 2011/2012

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 26 May 2025 08:20
Last Modified: 26 May 2025 08:20
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11123

Actions (login required)

View Item View Item