Sundariyanti, Sri (2014) Penerapan Model Cooperatif Learning Tipe Student Team Achievement Division untuk Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam Kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Khiriyah Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.
![]() |
PDF
SRI SUNDARIYANTI_0957805_PGMI_2014.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (13MB) |
Abstract
Dalam kegiatan pembelajaran terjadi suatu interaksi belajar mengajar antara seorang guru dan siswanya secara aktif yang semua itu merupakan suatu proses pembelajaran. Berkaitan dengan pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, guru MI Al-Khairiyah Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan mengalami beberapa masalah dalam materi mengenal Dakwah Nabi Muhammad SAW dan para Sahabat-Nya. Dimana Peserta Didik kelas IV kurang begitu aktif dalam mengikuti proses pembelajaran, sehingga hasil belajar yang diperoleh Peserta Didik sangat rendah dan belum memenuhi KKM yang telah ditentukan. Ketidak aktifan Peserta Didik dalam proses pembelajaran tersebut dimungkinkan karena metode pembelajaran yang diterapkan guru tidak sesuai dengan materi pembelajaran yang disampaikan. Berdasarkan realita tersebut, guru berupaya Meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dengan cara menerapkan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Tipe Student Team-Achievement Division dalam pembelajaran.
Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui Apakah Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Student Team-Achievement Division dapat meningkatkan hasil belajar Sejarah Kebudayaan Islam kelas IV di MI Al-Khairiyah Suak Kecamatan Sidomulyo Kabupaten Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014.
Objek penelitian ini adalah Peserta Didik. Selain itu juga aktivitas belajar mengajar yang terjadi di kelas IV MI Al-khairiyah Suak Kecamatan Sidomulyo Lampung Selatan Tahun Pelajaran 2013/2014. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan tes, wawancara, dan observasi langsung. Tes dilaksanakan dua kali yaitu pada siklus pertama untuk mengukur peningkatan hasil belajar siswa dengan penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning tipe Student Team-Achievement Division pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam dan siklus kedua untuk mengetahui hasil akhir yang diperoleh siswa setelah mengetahui masalah dan proses pemecahan setelah siklus pertama. Wawancara dilakukan oleh peneliti dengan guru Sejarah Kebudayaan Islam untuk merefleksikan hasil pengamatan. Observasi langsung dilakukan peneliti sendiri pada saat aktivitas kegiatan belajar mengajar di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 26 May 2025 08:19 |
Last Modified: | 26 May 2025 08:19 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11124 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |