Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas V MI Ismaria Al-Qur' Anniyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012

Sopya, Feki (2012) Penggunaan Metode Diskusi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Pada Siswa Kelas V MI Ismaria Al-Qur' Anniyah Raja Basa Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2011/2012. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo Metro.

[thumbnail of FEKI SOPYA_0956635_PGMI_2012.pdf] PDF
FEKI SOPYA_0956635_PGMI_2012.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (10MB)

Abstract

Pembelajaran Aqidah akhlak di sekolah adalah unsur-unsur dari Aqidah akhlak yang dipilih berdasarkan kepentingan pendidikan dan perkembangan IPTEK. Pembelajaran Aqidah Ahlak disesuaikan dengan tingkat perkembangan. intelektual siswa, objek-objek Aqidah akhlak, dan lingkungan sekitar siswa sebagai sumber belajar. Pelajaran Aqidah akhlak pada tingkat pendidikan dasar memiliki berbagai masalah. Berdasarkan dari data observasi siswa kelas V MI Ismaria AL-Qur'anniyah diperoleh aktivitas belajar siswa dalam pelajaran Aqidah akhlak terlihat pasif, dan rata-rata hasil belajar pada mata pelajaran Aqidah akhlak semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 rendah .

Adapun tujuan penelitian tindakan kelas ini dengan menggunakan metode diskusi secara umum adalah menciptakan pembelajaran Aqidah akhlak yang aktif. kreatif, efektif dan menyenangkan. Tujuan ini lebih dikususkan untuk meningkatkkan hasil belajar siswa.

Metode yang dipakai dalm penelitian ini adalah metode diskusi. Metode diskusi adalah suatu cara penyajian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada para siswa untuk mengadakan perbincangan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau penyusun alternatif pemecahan atas suatu masalah. Pembelajaran Diskusi ini diwujudkan dalam belajar kelompok. Adapun yang menjadi subjek tindakan adalah siswa kelas V MI Ismaria AL-Qur'anniyah Bandar Lampung mata pelajaran Aqidah akhlak semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012 yang terdiri dari 20 siswa.

Hasil penelitian ini adalah hasil belajar siswa mengalami peningkatan yakni pada siklus I rata-rata hasil belajar 55%, siklus II rata-rata hasil belajar siswa 80%. Karena telah memenuhi target yang diharapkan penelitian dihentikan pada siklus kedua.

Simpulan yang dapat diambil adalah bahwa Metode Diskusi Dapat meningkatkan hasil belajar siswa dengan materi pokok Hari Akhir kelas V MI Ismaria AL-Qur'anniyah Tahun Pelajaran 2011/2012, dengan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II meningkat 25% dari siswa yang memperleh nilai ≥ 65. Oleh karena itu penulis menyarankan agar Metode Diskusi dapat diterapkan pada pembelajaran Aqidah akhlak khususnya pada tingkat sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 26 May 2025 08:19
Last Modified: 26 May 2025 08:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11125

Actions (login required)

View Item View Item