Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Layanan Digital terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah pada Produk Tabungan Bank Syariah Indonesia (Studi pada Masyarakat Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur)

Ranti, Elsa (2025) Pengaruh Layanan Digital terhadap Kepercayaan dan Kepuasan Nasabah pada Produk Tabungan Bank Syariah Indonesia (Studi pada Masyarakat Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of ELSA RANTI_2103021013_PBS_2025.pdf] PDF
ELSA RANTI_2103021013_PBS_2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perkembangan teknologi di era digital yang merupakan masa dimana kebutuhan masyarakat menggunakan system digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh layanan digital terhadap kepercayaan dan kepuasan nasabah pada produk tabungan Bank Syariah Indonesia. Penelitian ini memiliki dua manfaat yaitu secara teoritis penelitian ini dapat mengembangkan pemahaman ilmu penggetahuan dan wawasan bagi perkembangan Eknomi Syariah dan manfaat secara praktis penelitian ini dapat menjadi landasan pengambilan kebijakan bagi pihak bank dan bagi peneliti selanjutnya.

Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan statistik deskriptif dan sumber data primer penyebaran kuesioner menggunakan skala Likert, kemudian masyarakat di Kelurahan Yosodadi Kecamatan Metro Timur sebagai populasi. Teknik pengambilan sampel dengan teknik Simple Random Sampling, yaitu mengambil sampel secara acak pada masyarakat untuk dijadikan responden. Penelitian ini juga menggunakan rumus Lemeshow yaitu memperoleh jumlah sampel sebanyak 96 responden. Kemudian data yang telah didapatkan diolah menggunakan aplikasi IBM SPPS 30 for Windows. Penelitian ini dianalisis melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji multikolinieritas, uji heteroskedastisitas, analisis regresi sederhana, uji parsial t, uji simultan f, dan koefisien determinan.

Berdasarkan hasil penelitian ini ditemukan bahwa Ha1 dan Ha2 yaitu: layanan digital secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kepercayaan nasabah dan kepuasan nasabah . Hal ini dibuktikan nilai thitung > ttabel bahwa Ha1 memperoleh nilai sebesar 31.395 > 1.98552 dan Ha2 memperoleh nilai sebesar 38.996 > 1.98552. kemudian nilai fhitung > ftabel Ha1 memperoleh nilai sebesar 985.674>3.94 dan Ha2 sebesar 1520.711>3.94. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh secara simultan antara layanan digital terhadap kepercayaan nasabah dan kepuasan nasabah.

Kata Kunci : Bank Syariah Indonesia, Layanan Digital, Kepercayaan, Kepuasan Nasabah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 28 May 2025 03:02
Last Modified: 28 May 2025 03:02
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11131

Actions (login required)

View Item View Item