Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Optimalisasi Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Shalat Siswa Kelas V UPTD SDN 1 Mekarmulyo Sekampung

Wulandari, Wahyu Devi (2025) Optimalisasi Peran Guru PAI dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Shalat Siswa Kelas V UPTD SDN 1 Mekarmulyo Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Wahyu Devi Wulandari_2101010080_PAI_2025.pdf] PDF
Wahyu Devi Wulandari_2101010080_PAI_2025.pdf - Other

Download (7MB)

Abstract

Dalam proses pembelajaran tidak menutup kemungkinan terjadinya kesulitan belajar, karena aktivitas belajar tidak selamanya dapat berjalan dengan lancar, terkhusus dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pada pembelajaran praktek ibadah shalat. Kesulitan yang dialami siswa dalam melaksanakan praktek ibadah shalat yaitu seperti belum bisa menerapkan gerakan- gerakan shalat dengan benar dan masih ada yang bermain-main atau terlalu cepat dalam melakukan gerakan shalat. Guru pai sudah melakukan peran dengan baik dalam mengatasi kesulitan belajar shalat siswa seperti melakukan peran guru sebagai pendidik, peran guru sebagai pembimbing, dan peran guru sebagai motivator.

Oleh karena itu peneliti melakukan penelitian terkait bagaimana optimalisasi peran guru pai dalam mengatasi kesulitan belajar shalat siswa kelas V UPTD SDN 1 Mekarmulyo Sekampung? Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana optimalisasi guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar shalat siswa kelas V UPTD SDN 1 Mekarmulyo Sekampung.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru PAI yang mengajar di kelas V sebagai sumber data primer sedangkan sumber data sekunder adalah siswa yang mengalami kesulitan belajar dan kepala sekolah. Teknik penjamin keabsahan data yang digunakan peneliti pada peneltian ini adalah triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Analisis data pada penelitin dilakukan dengan proses reduksi data, penyajian data, dan penarikankesimpulan.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peranan yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi kesulitan belajar shalat siswa kelas V telah dilakukan dengan baik, namun masih perlu di evaluasi kembali untuk dilakukan perbaikan. Adapun faktor-faktor yang menyebabkan kesulitan belajar shalat siswa yaitu factor internal seperti kurangnya minat dan motivasi serta tidak fokus dan kurangnya pemahaman siswa dalam pembelajaran shalat. Selanjutnya faktor eskternal meliputi penjelasan guru yang kurang maksimal dan suasana belajar yang tidak nyaman.

Kata Kunci: Peranan Guru PAI, Kesulitan Belajar Shalat

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:01
Last Modified: 04 Jun 2025 02:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11137

Actions (login required)

View Item View Item