Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Marketing dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Produk BMT Assyafiiyah Sekampung

Hidayah, Lailatul (2025) Strategi Marketing dalam Meningkatkan Kepercayaan Masyarakat Terhadap Produk BMT Assyafiiyah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of Lailatul Hidayah_2103020019_PBS_2025.pdf] PDF
Lailatul Hidayah_2103020019_PBS_2025.pdf - Other

Download (2MB)

Abstract

Baitul Maal Wat Tamwil Assyafiiyah Sekampung merupakan lembaga yang masih berdiri hingga saat ini, dan merupakan lembaga keuangan yang berfungsi untuk menyalurkan dana dan menghimpun dana. Akan tetapi kepercayaan masyarakat masih kurang terhadap lembaga keuangan Baitul Maal Wat Tamwil yang dikarenakan oleh adanya kasus BMT yang mengalami tutup. Oleh sebab Itu Baitul Maal Wat Tamwil Assyafiiyah Sekampung yang masih berdiri hingga saat ini menggunakan strategi pemasaran 5P untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap lembaga keuangan Baitul Mal Wat Tamwil.

Jenis penelitian yang peneliti gunakan yaitu penelitian lapangan (field research) sedangkan sifat yang peneliti gunakan yaitu penelitian kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Dalam Teknik keabsahan data yang peneliti gunakan yaitu Teknik triangulasi sumber. Dan Teknik analisis data yang digunakan yaitu Teknik analisis deskriptif kualitatif.

Baitul Maal Wat Tamwil Assyafiiyah Sekampung menggunakan strategi pemasaran 5P (product, price, place, promotion, people) untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Strategi pemasaran yang diterapkan Baitul Maal Wat Tamwil Assyafiiyah Sekampung masih belum mampu untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat. Penurunan kepercayaan masyarakat yang disebabkan adanya kasus lembaga Baitul Maal Wat Tamwil yang mengalami tutup. Sehingga masyarakat masih ragu untuk melakukan simpanan di lembaga Baitul Maal Wat Tamwil. Seharusnya lembaga Baitul Maal Wat Tamwil Assyafiiyah Sekampung dalam melakukan strategi pemasaran menggunakan strategi yang lebih terkini seperti melalui media sosial.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kepercayaan Masyarakat, Baitul Maal Wat Tamwil

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 04 Jun 2025 02:01
Last Modified: 04 Jun 2025 02:01
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11139

Actions (login required)

View Item View Item