Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Kuliner Payungi

Admajaya, Enjang Fajar (2025) Pengaruh Promosi dan Kualitas Pelayanan terhadap Minat Beli Konsumen di Pasar Kuliner Payungi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of ENJANG FAJAR ADMAJAYA_2103010025_ESY_2025.pdf] PDF
ENJANG FAJAR ADMAJAYA_2103010025_ESY_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Promosi dan kualitas pelayanan merupakan faktor yang sangat berpengaruh dalam pemasaran, hal ini dapat mempengaruhi keinginan, minat seseorang untuk memiliki suatu produk atau mengunjungi suatu tempat. Promosi dan kualitas pelayanan yang baik dapat mempengaruhi rasa tertarik konsumen untuk memiliki suatu produk, sebaliknya jika promosi dan kualitas pelayanan yang dilakukan maka ketertarikan konsumen pun akan kurang.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh promosi terhadap minat konsumen dalam melakukan pembelian di Pasar Kuliner Payungi Kota Metro. Promosi menjadi salah satu faktor penting dalam menarik minat konsumen, khususnya di era digital saat ini yang menyediakan berbagai saluran komunikasi dan informasi. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif dengan populasi yang merupakan pengunjung atau konsumen pasar kuliner payungi yang tidak diketahui jumla pastinya . Data dikumpulkan melalui penyebaran kuesioner kepada sampel yang sudah dihitung yaitu 97 responden yang merupakan konsumen Pasar Kuliner Payungi dengan menggunakan Teknik accidental sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda dengan bantuan program SPSS.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial promosi berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen, semakin tinggi promosi maka minat beli konsumen pun meningkat. Kualitas pelayanan juga secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli, semakin tinggi kualitas pelayanan maka minat beli semakin meningkat. Secara simultan promosi dan kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat beli konsumen. Nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,623 mengindikasikan bahwa 62,3% minat beli konsumen dipengaruhi oleh promosi dan kualitas pelayanan, sedangkan sisanya sebesar 37,7% dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, strategi promosi yang tepat dan kualitas pelayanan yang baik dapat meningkatkan minat beli konsumen dan mendukung pengembangan pasar kuliner lokal.

Kata Kunci : Promosi, Kualitas Pelayanan, Minat Beli

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:19
Last Modified: 18 Jun 2025 06:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11146

Actions (login required)

View Item View Item