Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha Komunitas Digital Herbal Nusantara Payungi

Al-Haqiqi, Ahmad Hafiz (2025) Pengaruh E-Commerce terhadap Minat Berwirausaha Komunitas Digital Herbal Nusantara Payungi. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of AHMAD HAFIZ AL-HAQIQI_2103011003_ESY_2025.pdf] PDF
AHMAD HAFIZ AL-HAQIQI_2103011003_ESY_2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pentingnya pemanfaatan teknologi digital dalam pengembangan usaha, khususnya di kalangan komunitas wirausaha muda yang bergerak di bidang produk herbal. Dalam era digital, E-Commerce menjadi salah satu media strategis untuk memperluas jangkauan pasar, meningkatkan efisiensi penjualan, serta mendorong semangat kewirausahaan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan antara pengguna E-Commerce terhadap minat berwirausaha komunitas digital herbal nusantara payungi dan berapa besar pengaruh penggunaan E-Commerce terhadap minat berwirausaha komunitas digital herbal nusantara payungi. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh yang signifikan, antara pengguna E-Commerce terhadap minat berwirausaha komunitas digital herbal nusantara payungi dan untuk mengetahui berapa besar pengaruh penggunaan E-Commerce terhadap minat berwirausaha komunitas digital herbal nusantara payungi.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang disebarkan kepada seluruh anggota komunitas, yaitu sebanyak 30 orang, dengan teknik sampling jenuh. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan regresi linier sederhana untuk melihat seberapa besar pengaruh variabel E-Commerce terhadap minat berwirausaha.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-commerce berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha anggota komunitas. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi yang lebih kecil dari 0,05 dan nilai koefisien determinasi yang menunjukkan bahwa E-Commerce memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan minat berwirausaha. Penelitian ini diharapkan dapat menjadi acuan dalam pengembangan kewirausahaan digital, serta menjadi rekomendasi bagi komunitas untuk lebih optimal dalam memanfaatkan platform E-Commerce.

Kata Kunci : Minat Berwirausaha, E-Commerce, Komunitas Digital Herbal

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:25
Last Modified: 18 Jun 2025 06:25
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11149

Actions (login required)

View Item View Item