Karimah, Amira Fitriani (2024) Implementasi Metode Ummi dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an di TPA SD Muhammadiyah Metro Pusat. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AMIRA FITRIANI KARIMAH_2001011014_PAI_2024.pdf Download (6MB) |
Abstract
Mampu membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar bagi umat Islam, merupakan dasar bagi dirinya sendiri atau untuk disampaikan kepada orang lain. Mempelajari Al-Qur’an serta mengamalkannya dalam sebuah pengajaran ialah sebuah ibadah yang tinggi nilainya dihadapan Allah SWT. Dalam membaca Al- Qur’an upaya untuk meningkatkan kemampuan dalam membaca Al-Qur’an dibutuhkan sebuah metode dalam melatih diri agar benar dalam melafadzkan atau mengucapkan setiap hurufnya. Apabila tidak ada suatu metode membaca Al-Qur’an akan berdampak pada ketidak sempurnaan dalam membaca Al-Qur’an dan tidak ada juga peningkatan dalam membaca. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kemampuan membaca Al-Qur’an yang diterapkan pada saat di Taman Pendidikan Al-Qur’an SD Muhammadiyah, yang mana pada praktiknya tidak memperhatikan benarnya dalam membaca huruf perhuruf Al-Qur’an sehingga penelitian ini dibuat guna berfokus pada terhindarnya kesalahan-kesalahan yang menjerumus pada perubahan arti maupun maksud dalam ayat serta menjadi langkah metode yang mudah difahami siswa dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an yang nantinya akan memberikan dampak peningkatan dalam membaca Al-Qur’an. Adapun fokus penelitian ini dibuat adalah sebagai: Memperbaiki bacaan Al-Qur’an siswa TPA SD Muhammadiyah Metro Pusat, yang masih belum tepat, Bagaimana Implementasi Metode Ummi Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al Qur’an di TPA SD Muhammadiyah Metro Pusat, maka dari itu penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah Guru atau pengajar TPA SD Muhammadiyah, para siswa TPA SD Muhammadiyah, ketua Koordinator Bidang Keagamaan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan Teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Metode Analisis yang digunakan adalah dengan reduksi data dan display serta penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode ummi dalam proses membaca Al-Qur’an siswa SD Muhammadiyah, 2) Kelebihan dan Kekurangan Penerapan Metode Ummi di TPA SD Muhammadiyah, 3) Keberhasilan metode ummi dalam meningkatkan kemapuan membaca Al-Qur’an Siswa TPA SD Muhammadiyah Metro Pusat.
Kata kunci: Metode Ummi, Kemampuan, Membaca Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:27 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 06:27 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11153 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |