Jannah, Fitri Lailatul (2024) Peran Guru Tahfidz dalam Memotivasi Menghafal Al-Qu’ran Siswa SD TQ Muhammad Al-Fatih Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
FITRI LAILATUL JANNAH_2101011034_PAI_2024.pdf Download (7MB) |
Abstract
Peran guru dalam pendidikan sangat berpengaruh terhadap proses belajar siswa, termasuk dalam pembelajaran menghafal Al-Qur’an. Di SD TQ Muhammad Al-fatih Metro Utara guru memiliki pengaruh besar dalam mengajarkan dan memberikan motivasi untuk menghafal Al-Qur'an. Motivasi untuk menghafal Al-Qur'an ini sangat penting karena dapat membangkitkan kemampuan peserta didik yang masih terpendam, dan mendorong proses kemajuan hafalan Al-Qur'an. Sesuai data yang diperoleh peneliti yaitu Rendahnya semangat dalam menghafal Al-Qur’an, Kurangnya keseriusan dalam menghafal Al-Qur’an, Kurangnya bimbingan dari orang tua, Siswa merasa sulit dalam menghafal Al-Qur’an.
Pertanyaan penelitian ini yaitu Bagaimana Peran Guru Tahfidz Dalam Memotivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa SD TQ Muhammad Al-Fatih Metro Utara dan Apa Faktor Penghambat dan Pendukung Guru Tahfidz Dalam Memotivasi Menghafal Al-Qur’an Siswa SD TQ Muhammad Al-Fatih Metro Utara. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peran guru tahfidz serta faktor penghambat dan pendukung guru tahfidz dalam memotivasi menghafal Al-Qur’an siswa SD TQ Muhammad Al-fatih Metro Utara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru tahfidz dan siswa SD TQ Muhammad Al-Fatih Metro Utara. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan cara mereduksi data, menyajikan data, dan menarik kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi sumber dan trianuglasi teknik.
Berdasarkan hasil penelitian, Bahwa peran yang dilakukan oleh guru dalam memotivasi menghafal Al-Qur’an siswa SD TQ Muhammad Al-Fatih Metro Utara yaitu: 1) Guru Menciptakan Suasana Yang Menyenangkan 2) Guru Memberi Motivasi Kepada Siswa 3) Guru Menjadi Inspirasi Dalam Menghafal. Adapun faktor penghambat dan pendukung guru dalam memotivasi siswa menghafal Al-Qur’an yaitu: 1) faktor pengembatnya, Kurangnya Perhatian Dari Orang Tua dan Perbedaan Tingkat Kemampuan Siswa. 2) faktor pendukungnya yaitu, Guru Yang Disiplin dan Adanya Motivasi Dari Dalam Diri Siswa.
Kata kunci: Guru tahfidz, Motivasi, Al-Qur’an
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:25 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 06:25 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11154 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |