Kurniawati, Mutiara (2025) Peningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Melalui Penerapan Metode Diskusi di SDN 1 Tanggul Angin. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
MUTIARA KURNIAWATI_2101030020_PGMI_2025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yang terjadi di SDN 1 Tanggul Angin, yaitu rendahnya hasil belajar siswa yang diperoleh masih jauh dari Kriteria Ketuntasan Minimum (KKM) Yang menjadi permasalahan dalam skripsi ini guru masih belum menerapkan metode dalam pembelajaran, dan juga belum terlihat adanya media sebagai sarana penunjang pembelajaran serta masih banyak siswa yang rendah hasil belajarnya masih ada siswa yang ditetapkan yaitu < 60.
Penelitian ini termasuk dalam jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus nya terdiri dari tiga kali pertemuan. Satu siklus terdiri dari empat tahap kegiatan, yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 1 Tanggul Angin, sebanyak 15 siswa yang terdiri dari 8 orang laki-laki dan 7 orang perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian yaitu analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru dalam mengelola pembelajaran dengan menggunakan metode pembelajaran diskusi berada pada kategori baik selama proses pembelajaran berlangsung dan sesuai dengan RPP yang telah disusun. Hasil pembelajaran yang dilakukan guru dari siklus I dan siklus II
mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari skor yang diperoleh pada siklus I dengan nilai 78,1% kategori Cukup Baik, sedangkan pada siklus II dengan nilai 95,8 kategori sangat baik. Siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode diskusi mengalami peningkatan, dengan nilai 73,9% kategori cukup baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II dengan nilai 93,7% kategori Sangat baik, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SDN 1 Tanggul Angin Kelas IV selama pembelajaran melalui menggunakan metode pembelajaran diskusi berlangsung dengan sangat baik dan sesuai dengan kriteria yang diharapkan. Hasil belajar siswa selama proses pembelajaran menggunakan metode diskusi mengalami peningkatan, dengan nilai 73,9% kategori cukup baik pada siklus I, sedangkan pada siklus II dengan nilai 93,7% kategori Sangat Baik. Secara kumulatif, peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II mencapai 19,8 poin persentase, hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa SDN 1 Tanggul Angin Kelas IV selama pembelajaran melalui menggunakan metode diskusi berlangsung dengan sangat baik dan sesuai dengan kriteria yang diharapkan.
Kata Kunci : Hasil Belajar, Metode Diskusi.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 18 Jun 2025 06:18 |
Last Modified: | 18 Jun 2025 06:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11155 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |