Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Metro

Maulani, Putri Indah (2025) Pengaruh Penerapan Metode Diskusi terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of PUTRI INDAH MAULANI_1801011110_PAI_2025.pdf] PDF
PUTRI INDAH MAULANI_1801011110_PAI_2025.pdf

Download (10MB)

Abstract

Keaktifan belajar adalah suatu sistem pembelajaran yang menekankan keaktifan peserta didik secara fisik, mental, intelektual dan emosional untuk memperoleh hasil belajar yang kognitif, afektif, dan psikomotorik. metode diskusi tidak kalah penting dalam menetukan keaktifan belajar siswa. metode diskusi adalah percakapan ilmiah yang reponsif berisikan pertukaran pendapat yang dijalin dengan pertanyaan-pertanyaan problematis pemunculan ide-ide dan pengujian ide-ide ataupun pendapat dilakukan oleh beberapa orang yang tergabung dalam kelompok itu yang diarahkan untuk memperoleh pemecahan masalahnya dan untuk mencari kebenaran.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh penerapan metode diskusi terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 9 Metro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan metode diskusi terhadap keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 9 Metro. Hipotesis dalam penelitian ini ialah ada pengaruh antara penerapan metode diskusi terhadap keaktifan belajar siswa mata pelajaran pendidikan agama islam di SMP Negeri 9 Metro, sampel pada penelitian ini adalah 35 siswa.

Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket) dan dokumentasi. Angket ini disebarkan kepada siswa agar mendapatkan data yang dapat digunakan untuk mengetahui penerapan metode diskusi dan kekatifan belajar siswa.

Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa tidak ada pengaruh yang signifikan antara metode diskusi terhadap keaktifan siswa pada mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 9 Metro, hal ini terbukti dengan hasil analisis yaitu, 0,348.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Agama Islam
Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 18 Jun 2025 06:26
Last Modified: 18 Jun 2025 06:26
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11156

Actions (login required)

View Item View Item