Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Strategi Peningkatan Omset Melalui Bauran Pemasaran pada Industri Kecil Pabrik Kelanting Budiono (Desa Tempuran Trimurjo Kab. Lampung Tengah)

Kalefi, Adinda Gani (2025) Strategi Peningkatan Omset Melalui Bauran Pemasaran pada Industri Kecil Pabrik Kelanting Budiono (Desa Tempuran Trimurjo Kab. Lampung Tengah). Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of ADINDA GANI KALEFI_1903011001_ESY_2025.pdf] PDF
ADINDA GANI KALEFI_1903011001_ESY_2025.pdf

Download (4MB)

Abstract

Usaha Kecil dan Menengah (UKM), adalah kegiatan ekonmi yang produktif yang berdiri sendiri, baik dilakukan oleh orang perorangan maupun badan usaha . Salah satu indikator keberhasilan UKM adalah peningkatan omset, yang dapat dicapai melalui strategi pemasaran, salah satunya dengan penerapan bauran pemasaran 4P (Product, Price, Place, Promotion). Penelitian ini berfokus pada UKM Pabrik Kelanting Budiono di Desa Tempuran, Kabupaten Lampung Tengah, yang mengalami perkembangan pesat meskipun menghadapi kendala dalam hal promosi. Meskipun produk dan harga telah kompetitif, promosi yang terbatas pada media sosial sederhana belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk menggali lebih dalam mengenai strategi peningkatan omset melalui bauran pemasaran di UKM tersebut. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi.

Metodologi penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan kualitatif dengan penggalian data dari lapangan untuk kemudian diteliti.Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi.penelitian ini menggunkan Triangulasi Teknik yang berfungsi menguji kredibilitas data kepada sumber yang sama dengan Teknik yang berbeda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pabrik Kelanting Budiono sukses berkembang dari usaha rumahan menjadi pabrik modern lewat inovasi produk, pemasaran digital, dan kemitraan lokal. Meski sempat terdampak pandemi, mereka bangkit dan berkontribusi pada ekonomi daerah, dengan rencana ekspansi nasional dan internasional melalui peningkatan kualitas dan sertifikasi.

Kata Kunci: Usaha Kecil dan Menengah, Pemasaran, Bauran Pemasaran 4P, Omset, Inovasi Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Ekonomi Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:18
Last Modified: 23 Jun 2025 03:18
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11173

Actions (login required)

View Item View Item