Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SMP Negeri 2 Trimurjo Lampung Tengah

Violiya, Violiya (2025) Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di SMP Negeri 2 Trimurjo Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of VIOLIYA_2001072015_TIPS_2025.pdf] PDF
VIOLIYA_2001072015_TIPS_2025.pdf

Download (5MB)

Abstract

Profil pelajar pancasila merupakan konsep pembentukan karakter yang diharapkan dapat menghasilkan individu yang menginternalisasi nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji implementasi proyek penguatan Profil Pelajar Pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan di SMP Negeri 2 Trimurjo, Lampung Tengah. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila dalam mengoptimalkan gaya hidup berkelanjutan di SMP Negeri 2 Trimurjo dan untuk mengetahui serta menganalisis apa saja faktor penghambat dan factor pendukung gaya hidup berkelanjutan melalui penerapan profil pelajar pancasila.

Metode penelitian yang peneliti gunakan adalah penelitian kualitatif, yang memungkinkan peneliti untuk memperoleh data yang benar tentang implementasi projek penguatan profil pelajar pancasila pada tema gaya hidup berkelanjutan di SMP Negeri 2 Trimurjo. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, dan siswa, serta observasi langsung terhadap kegiatan proyek. Selain itu, dokumentasi terkait kegiatan dan laporan proyek juga digunakan sebagai sumber data.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi projek P5 pada tema Gaya Hidup Berkelanjutan telah dilaksanakan. Adapun pelaksanaan indikator yang pertama yakni, beriman, bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, dan berakhlak mulia yang diwujudkan dengan cara berdoa sebelum dan sesudah kegiatan serta mengedepankan sholat. Kedua, berkebhinekaan global yang diwujudkan dengan cara memberi contoh toleransi terhadap siswa yang beragama lain. Ketiga, gotong royong yang diwujudkan dengan cara memberikan tugas kelompok kepada siswa, agar siswa dapat bekerjasama dalam menyelesaikan tugas. Keempat, mandiri yang diwujudkan dengan cara memberikan tugas secara mandiri agar siswa dapat menyelesaikan persoalan sehingga membantu siswa menciptakan jiwa mandiri. Kelima, bernalar kritis yang diwujudkan dengan memberikan contoh persoalan kepada siswa dan mengajak siswa untuk menyelesaikannya dengan baik. Keenam, kreatif yang diwujudkan dengan memfasilitasi siswa dengan bakat yang dimilikinya. Selain itu, terdapat faktor pendukung yang memperlancar implementasi projek ini, seperti kualitas sumber daya manusia dan sarana prasarana yang memadai, serta dukungan dari program-program sekolah yang unggul. Namun, terdapat juga hambatan internal, seperti kurangnya referensi untuk mengembangkan projek dan alokasi waktu yang tidak sesuai dengan jadwal. Meskipun demikian, tim fasilitator berhasil mengatasi hambatan tersebut dengan mencari referensi yang sesuai dan memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk lebih fokus selama pelaksanaan projek.

Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Gaya, Hidup Berkelanjutan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan
Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:19
Last Modified: 23 Jun 2025 03:19
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11176

Actions (login required)

View Item View Item