Yulianti, Aulia Putri (2025) Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat dalam Penggunaan Digital Payment System. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
AULIA PUTRI YULIANTI_2103020006_PBS_2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Dompet digital adalah layanan uang elektronik yang dirancang untuk digunakan dengan mudah, cepat, dan aman. Dompet digital memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi jual-beli elektronik dengan cara yang mudah, cepat, dan aman. Dompet digital kini lebih populer dan efisien karena kepraktisan dan keamanannya. Berbagai macam aplikasi dompet digital yang tersedia di Indonesia salah satunya adalah DANA. Adapun dengan masyarakat desa Sumber Rejo khususnya pada generasi Z yang dimana sudah banyak menggunakan aplikasi digital tersebut.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja Faktor Yang Dapat Mempengaruhi Kepuasan Masyarakat Dalam Penggunaan Digital Payment System terhadap masyarakat desa Sumber Rejo khususnya pada generasi Z. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan survei. Data dikumpulkan melalui kuisioner yang di sebarkan kepada 90 responden yang merupakan pengguna aplikasi digital. Teknis analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda antara lain uji validitas, uji reliabilitas, uji nolmalitas, uji multikolineritas, uji heteroskedastisitas, uji T, uji F, dan uji R2 menggunakan regresi linier berganda untuk menghubungkan antar variabel.
Berdasarkan hasil penelitian uji t secara parsial ada pengaruh Kualitas Pelayanan (X1) terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penggunaan Digital Payment System (Y) dengan hasil penelitian uji 2,104. Dapat diketahui bahwa lebih besar dibandingkan yaitu sebesar 2,104 > 1,987. Variabel Harga (X2) secara parsial berpengaruh terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Penggunaan Digital Payment System (Y). Dapat diketahui bahwa lebih besar dibandingkan yaitu sebesar 2,624 < 1,987. Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2) secara bersamaan (simultan) berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan Penggunaan (Y) yaitu dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Kemudian sebesar 44% Kualitas Pelayanan (X1) dan Harga (X2 berpengaruh terhadap Kepuasan Penggunaan (Y). Sedangkan 56% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci: Aplikasi Dana, Digital Payment, Generasi Z, Kepuasan
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Perbankan Syariah |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 03:18 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 03:18 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11178 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |