Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Peran Pengembangan Strategi Pemasaran pada Produk Pembiayaan Mudharabah di Bank Aman Syariah Sekampung

Yunita, Yunita (2025) Peran Pengembangan Strategi Pemasaran pada Produk Pembiayaan Mudharabah di Bank Aman Syariah Sekampung. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of YUNITA_2103020040_PBS_2025.pdf] PDF
YUNITA_2103020040_PBS_2025.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan strategi pemasaran yang efektif untuk produk pembiayaan mudharabah menjadi sangat krusial bagi keberlangsungan dan pertumbuhan Bank Aman Syariah Sekampung. Bank Aman Syariah Sekampung, sebagai lembaga keuangan syariah di wilayah lampung timur, memiliki potensi besar dalam mengembangkan produk pembiayaan berbasis akad Mudharabah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran pengembangan strategi pemasaran pada produk pembiayaan mudharabah melalui pendekatan segmentasi, targeting dan positioning (STP).

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), sedangkan sifat penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder. Pengumpulan data dilakukan dengan dua teknik yaitu wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, kesimpulan dan verifikasi. Pendekatan ini memungkinkan penggalian informasi secara mendalam mengenai penerapan strategi pemasaran yang telah dilakukan dan mengidentifikasi tantangan yang dihadapi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pemasaran Bank Aman Syariah Sekampung menggunakan pendekatan segmentasi, targeting dan positioning (STP) dengan fokus pada UMKM syariah dan nasabah berisiko rendah. Positioning belum optimal karena rendahnya pemahaman masyarakat terhadap akad mudharabah. Strategi ini berperan penting dalam evaluasi, adaptasi pasar dan peningkatan daya saing, namun penerapannya masih terbatas. Diperlukan edukasi, segmentasi tepat dan penguatan citra produk untuk mendorong minat dan pengembangan pembiayaan mudharabah secara berkelanjutan.

Kata kunci: Strategi Pemasaran, Pembiayaan Mudharabah, Bank Syariah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Perbankan Syariah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Perbankan Syariah
Depositing User: Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 23 Jun 2025 03:16
Last Modified: 23 Jun 2025 03:16
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11181

Actions (login required)

View Item View Item