Seftiani, Rika (2025) Pengaruh Implementasi Kurikulum Merdeka terhadap Kedisiplinan Belajar Siswa Kelas XI SMA N 4 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
![]() |
PDF
Rika Seftiani_1801010090_PAI_2025.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kedisiplinan belajar siswa merupakan sikap yang menjadi salah satu hal penting yang menjadi unsur yang mempengaruhi proses pembelajaran. Kedisplinan belajar adalah serangkaian perilaku yang menunjukkan ketaatan, kepatuhan, keteraturan dan ketertiban selama proses pembelajaran siswa. Implementasi kurikulum merdeka juga menjadi salah satu hal yang mempengaruhi pembelajaran siswa dikelas. Model pembelajaran dengan kurikulum merdeka menuntut agar siswa lebih aktif dan mandiri dalam kegiatan belajar dikelas dan guru hanya sebagai fasilitator. Hal ini tentu saja menjadi tantangan bagi siswa dan guru dalam menjalani proses belajar mengajar dikelas.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh penerapan implementasi kurikulum merdeka terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA N 4 Metro. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA N 4 Metro pada mata pelajaran PAI. Hipotesis dalam penelitian ini ialah ada pengaruh antara implementasi kurikulum merdeka terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA N 4 Metro. Jumlah populasi dari penelitian ini adalah 317 orang dan sampel pada penelitian ini adalah 10 % dari jumlah ppulasi yakni 10% dari 317 siswa sehingga menghasilkan 32 siswa yang di ambil dari tiap-tiap kelas.
Jenis dari penelitian ini ialah penelitian kuantitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data kuesioner (angket), wawancara dan dokumentasi. Angket ini disebarkan kepada 32 siswa yang menjadi sampel agar mendapatkan data yang dapat digunakan untuk mengukur apakah ada pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap kedisiplinan belajar .
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa ada pengaruh implementasi kurikulum merdeka terhadap kedisiplinan belajar siswa kelas XI SMA N 4 Metro pada mata pelajaran PAI, hal ini terbukti dengan hasil analisis yaitu, 0,893 dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Nilai koefisien ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang sangat kuat dan positif antara kedua variabel tersebut. Semakin tinggi tingkat implementasi Kurikulum Merdeka, maka semakin tinggi juga tingkat kedisiplinan belajar siswa.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Agama Islam Pendidikan |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ristiani Ristiani IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 23 Jun 2025 14:02 |
Last Modified: | 23 Jun 2025 14:02 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11189 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |