Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gedung Wani Timur

Dewi, Intan Tyasmita (2025) Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Gedung Wani Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.

[thumbnail of INTAN TYASMITA DEWI_2101032015_PGMI_2025.pdf] Text
INTAN TYASMITA DEWI_2101032015_PGMI_2025.pdf

Download (9MB)
[thumbnail of INTAN TYASMITA DEWI_2101032015_PGMI_2025.pdf] PDF
INTAN TYASMITA DEWI_2101032015_PGMI_2025.pdf - Other

Download (9MB)

Abstract

Hasil Observasi Yang Telah Dilakukan Oleh Peneliti Ditemukan Beberapa Permasalahan Yaitu Kurangnya Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Di Sekolah Dasar Gedung Wani Timur, Guru Dominan Mengimplementasikan Model Ceramah Pada Saat Proses Pembelajaran, Sehingga Siswa Kurang Memahami Materi Dan Kurang Pemahaman Saat Mengerjakan Soal Pemecahan Masalah Dalam Pelajaran Matematika. Tujuan Dari Penelitian Ini Yaitu Untuk Mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Di Sekolah Dasar Gedung Wani Timur Tahun Pelajaran 2024/2025.

Jenis Penelitian Yang Digunakan Yaitu Eksperimen Sedangkan Pendekatan Yang Digunakan Yaitu Kuantitatif Dengan Desain Penelitian Eksperimen (Quasi Esperimen Design). Subjek Penelitian Ini Adalah SDN 2 Gedung Wani Timur Sebagai Kelas Kontrol (Kelas IV) Dengan Metode Konvensional Dan Sekolah MI Nurul Falah Sebagai Kelas Eksperimen (Kelas IV) Dengan Menggunakan Model Problem Based Learning. Teknik Pengumpulan Data Pada Penelitian Ini Menggunakan Tes Yang Dilakukan Ketika Sebelum Pembelajaran (Pretest) Dan Sesudah Pembelajaran (Posttest) , Observasi Dan Dokumentasi. Sedangkan Teknik Analisis Data Yang Digunakan Adalah Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis (Uji-T) Dengan Bantuan Aplikasi IBM SPSS Versi 25.

Berdasarkan Hasil Penelitian Terdapat Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Pecahan. Hal Ini Dibuktikan Dengan Menggunakan Uji-T Taraf Signifikan 0.05 Maka Diperoleh T Hitung = 2,971, Diketahui Nilai Ttabel 1,680. Selain Itu Dilihat Dari Hasil Perhitungan Nilai Posttest Kelas Eksperimen Yang Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning Mendapatkan Nilai Rata-Rata 79 Lebih Tinggi Dibandingkan Nilai Rata-Rata Posttest Kelas Kontrol Yakni 68.

Kata Kunci : Model Pembelajaran Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Kritis

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:52
Last Modified: 24 Jun 2025 06:52
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11193

Actions (login required)

View Item View Item