Sohdi, Ahmad (2013) Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Nht (Numbered Heads Together) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Peserta Didik Kelas IV MI Ma’Arif 01 Pasiran Jaya Dente Teladas Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
![]() |
PDF
AHMAD SOHDI_0956305_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (12MB) |
Abstract
Pendidikan merupakan sebuah proses yang dilalui oleh peserta didik untuk memperoleh berbagai pengalaman terutama pengalaman belajar, namun pada kenyataan yang terjadi bahwa aktivitas serta hasil belajar peserta didik selama pembelajaran berlangsung masih rendah. Berdasarkan kondisi pembelajaran tersebut, perlu adanya penggunaan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik. Model pembelajaran yang digunakan diharapkan dapat mencapai kompetensi dasar yang diharapkan, meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor. Model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kooperatif tipe Number Head Together (NHT), model pembelajaran tersebut memusatkan pembelajaran pada peserta didik dan pendidik sebagai fasilitator serta observer.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Pembelajaran Kooperatif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Ma’arif 01 Pasiran Jaya Dente Teladas Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2012/2013?
Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar peserta didik kelas IV MI Ma’arif 01 setelah dilakukan pembelajaran menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe Number Head Together (NHT).
Pengumpulan data dalam penggunaan model kooperatif tipe Number Head Together (NHT) berupa lembar evaluasi belajar peserta didik dan lembar observasi untuk mengamati aktivitas peserta didik serta dokumentasi untuk memenuhi data tentang pendidik, peserta didik serta sarana prasarana sekolah.
Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran kooparetif tipe Number Head Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas IV MI Ma’arif 01 Pasiran Jaya Dente Teladas Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan tingkat ketuntasan sebesar 68.5% pada siklus I dan 84.25% pada siklus II, hal ini mengalami peningkatan sebesar 15.75%. Hasil belajar peserta didik kelas IV MI Ma’arif 01 Pasiran Jaya Dente Teladas Tulang Bawang Tahun Pelajaran 2012/2013 meningkat dari siklus I sampai siklus II dengan tingkat ketuntasan sebesar 58.82% menjadi 88.2%, dengan demikian peningkatan hasil belajar dari siklus I sampai siklus II sebesar 29.38%. Berdasarkan data tersebut peneliti dapat memberikan jawaban terhadap hipotesis tindakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:52 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11195 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |