Ningsih, Tri Endah Restuti (2013) Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar PKN Melalui Metode Problembased Instruction Siswa Kelas V SD N 2 Rejoagung Tahun Pelajaran 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.
![]() |
PDF
TRI ENDAH RESTUTI NINGSIH_0844045_PGMI_2013.pdf - Other Restricted to Registered users only Download (11MB) |
Abstract
Proses belajar mengajar di sekolah bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik dan mempersiapkan menghadapi masa depan yang lebih baik. Akan tetapin kegiatan pembelajaran di kelas masih terlihat monoton sehingga suasana belajar terkesan kaku dan didominasi oleh sang guru. Dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikannya dan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya. Sehubungan dengan hal tersebut di atas, salah satu ukuran berhasil atau tidaknya proses belajar mengajar dapat dilihat dari motivasi dan hasil belajar yang) diperoleh siswa setelah mengikuti metode yang digunakan guru dalam proses pembelajaran.
Oleh karena itu rumusan masalah, dalam penelitian ini adalah : Apakah pembelajaran dengan metode Problem Based Intruction dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar PKN siswa kelas V Semester Genap SD N 2 Rejoagung? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah : Untuk mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar PKn siswa kelas V Semester Genap SD N 2 Rejoagung setelah mengikuti pembelajaran metode Problem Based Intruction.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang sudah di laksanakan pada 2 siklus, masing-masing siklus tiga kali pertemuan, objek tindakan penelitian ini kelas V SD Negeri 2 Rejoagung, dengan jumlah 20 siswa pada mata pelajaran PKn. Pengumpulan data dalam penerapan metode Problem Based Intruction ini dilakukan melalui lembar observasi untuk mengetahui motivasi belajar siswa dan tes untuk mengetahui hasil belajar siswa.
Berdasarkan data hasil penelitian diperoleh untuk motivasi pada siklus I sebesar 60.90% dan hasil belajar siswa yang tuntas sebesar 60%. Pada siklus II motivasi siswa menjadi 79% dengan ketegori tuntas, dan hasil belajar siswa dalam belajar menjadi 85% dengan kategori tuntas. Dari hasil analisis dapat ditarik kesimpulan sebagai berikut : metode Problem Based Intruction dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Rejoagung Kecamatan Batanghari. Kabupaten Lampung Timur.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Asna Aprillina IAIN Metro Lampung |
Date Deposited: | 24 Jun 2025 06:52 |
Last Modified: | 24 Jun 2025 06:52 |
URI: | https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11196 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |