Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Penggunaan Metode Al-Bana Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas III MI Al-Fatah Panaragan Tulang Bawang Barat TP 2012/2013

Munajat, Munajat (2013) Penggunaan Metode Al-Bana Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits Peserta Didik Kelas III MI Al-Fatah Panaragan Tulang Bawang Barat TP 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[thumbnail of MUNAJAT_0957205_PGMI_2013.pdf] PDF
MUNAJAT_0957205_PGMI_2013.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (28MB)

Abstract

Membaca AI-Qur’an sebagai salah satu materi dalam mata pelajaran Quran Hadits adalah merupakan hal pokok yang harus di lakukan oleh peserta didik , sebab dengan membaca dan memahami Al-Qur’an dengan baik dan benar , maka hidup seseorang dikehidupan ini akan terarah pada jalan kebaikan, kama Al-Qur’an adalah sebagai tuntunan dalam kehidupan bagi setiap muslim. Namun dengan demikian sangat disayangkan sebab tidak setiap muslim bisa dengan mudah membaca dan memahami kitab suci Al-Qur’an, untuk membaca Al-Qur’an dengan mudah ternyata tidak semudah membalikan telapak tangan, maka dengan menggunakan metode Al-Bana akan memberikan terobosan baru dalam rangka membantu peserta didik yang baru bisa membaca Al-Qur’an serta dapat pula digunakan oleh semua kalangan masarakat untuk dapat membaca Al-Qur'an dengan cepat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah Pembelajaran menggunakan metode Al-Bana dapat meningkatkan kemampuan membaca dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist peserta didik kelas III MI Al-Fatah Panaragan Tulang Bawang Tengah Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2012/2013?

Tujuan penelitian ini adalah: Untuk meningkatkan kemampuan membaca dalam mata pelajaran Al-Qur’an Hadist peserta didik kelas III MI Al-Fatah setelah dilakukan pembelajaran menggunakan metode Al-Bana.

Pengumpulan data dalam penggunaan metode Al-Bana berupa lembar observasi untuk mengamati aktivitas peserta didik serta interview untuk memperoleh data tentang keadaan peserta didik serta kemempuan membaca peserta didik dan dokumentasi untuk melengkapi data tentang pendidik, peserta didik serta sarana prasarana sekolah.

Dari hasil analisis dapat disimpulkan bahwa: Pembelajaran dengan menggunakan metode Al-Bana dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik kelas III MI Al-Fatah Panaragan Kec.Tulang Bawang Tengah Kab.Tulang Bawang Barat Tahun Pelajaran 2012/2013 dengan peningkatan pada siklus I sebesar 46.66% menjadi 86.66% pada siklus II, aktivitas peserta didik tersebut mengalami peningkatan sebesar 40%. Hasil belajar membaca Al-Quran peserta didik pada siklus I sebesar 57.99%, siklus II sebesar 74.44%, hal ini mengalami peningkatan sebesar 16.45%. Berdasarkan data tersebut peneliti dapat memberikan jawaban terhadap hipotesis tindakan dalam penelitian yang telah dilaksanakan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:53
Last Modified: 24 Jun 2025 06:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11197

Actions (login required)

View Item View Item