Search for collections on IAIN Metro Digital Repository

Increasing The Students’ Speaking Ability Through Daily Conversation at The Eighth Grader of Junior High School 2 of Sekampungin Academic Year 2012/2013

Sopi, Jatu Pramita B (2013) Increasing The Students’ Speaking Ability Through Daily Conversation at The Eighth Grader of Junior High School 2 of Sekampungin Academic Year 2012/2013. Undergraduate thesis, STAIN Jurai Siwo.

[thumbnail of JATU PRAMITA B.SOPI_0735217_TBI_2013.pdf] PDF
JATU PRAMITA B.SOPI_0735217_TBI_2013.pdf - Other
Restricted to Registered users only

Download (18MB)

Abstract

Berbicara merupakan salah satu kemampuan yang harus dikuasai oleh setiap siswa. Dengan menguasainya, siswa dapat melakukan percakapan, memberikan ide dan bertukar informasi dengan orang lain. Pada kenyataannya, siswa mengalami kesulitan untuk berbicara bahasa Inggris. Rendahnya motivasi membuat mereka tidak antusias dan tidak cukup berani untuk terlibat dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu, penelitian ini berfokus pada penggunaan teknik daily convcrsation dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini diterapkan pada siswa kelas VIII SMP N 2 Sekampung Tahun Akademik 2012/2013. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, catatan lapangan, dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Indikator keberhasilan proses dari penelitian ini adalah proses belajar menjadi menarik dan menyenangkan dan siswa dapat mengikuti proses pembelajaran secara aktif. Indikator keberhasilan produk dari penelitian ini adalah pembelajaran berbicara disukai oleh siswa, siswa dapat meningkatkan kemampuan berbicara mereka, dan 70 % siswa mencapai nilai KKM, yakni 70.

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil dari setiap proses pembelajarannya, yakni pada siklus 1 nilai rata-rata pre test siswa adalah 60,06 dan pada post test siklus 1 yakni 65, 62. Peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus 1 adalah 9, 44 %. Selanjutnya pada siklus 2, nilai post test siklus 2 adalah 73, 5. Peningkatan rata-rata nilai siswa pada siklus 2 adalah 12, 5 %. Keberhasilan pada proses pembelajaran didapatkan dari data observasi kelas, yakni pada siklus 1 aktivitas belajar siswa adalah 31, 35% dan pada siklus 2 menjadi 73, 15 %.

Berdasarkan data di atas, disimpulkan bahwa ada peningkatan pada kemampuan berbicara melalui penggunaan teknik daily convcrsation pada siswa kelas VIII SMP N 2 Sekampung. Selanjutnya, dalam proses pembelajaran melalui penerapan daily conversation, siswa pun menjadi semakin aktif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: Pendidikan Bahasa Inggris
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Kependidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Asna Aprillina IAIN Metro Lampung
Date Deposited: 24 Jun 2025 06:53
Last Modified: 24 Jun 2025 06:53
URI: https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/11199

Actions (login required)

View Item View Item